Garis Logo
images

Agista Ariani Minta Pemkot Baubau Genjot Sektor Pariwisata

Senin, 17 September 2018 menjadi waktu yang membahagiakan bagi jajaran Pemerintah Kota Baubau dengan kehadiran Ny. Agista Riani, Ketua Dekranasda Sultra. Paling tidak kunjungan Ny. Agista menjadi kunjungan perdananya ke daerah setelah sang suami, H. Ali Mazi, SH dilantik menjadi Gubernur Sulawesi Tenggara periode tahun 2018-2023 per 5 September 2018 lalu.

Dirilis Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Baubau, H. Idrus Taufiq Saidi, S.Kom, M.Si menyebutkan jika kehadiran Ny. Agista dalam ‘rangkaian kegiatan Pelatihan Pengembangan Potensi Pariwisata melalui pendekatan kerjasama Antar Daerah’ yang digelar Kementerian PPN/Bappenas, Canada Foundation, dan NSLIC/NSELRED, dengan intansi pelaksana teknis Bappeda Kota Baubau yang digelar di Balai Palagimata Kantor Wali Kota Baubau.

Dalam sambutannya, Ketua Dekranasda Sultra, Ny. Agista Ariani berharap Pemkot Baubau memaksimalkan segala potensi pariwisata di kota ini termasuk kerajinan-kerajinan warga yang berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat.

“Kota Baubau dikenal dengan potensi budayanya, warisan Benteng Keraton Buton, objek wisata yang unggul serta kerajinan-kerajinan masyarakat adalah wujud daya saing pariwisata Sulawsi Tenggara. Oleh karenanya sektor ini harus digenjot percepatannya dan Pemkot Baubau bisa fokus ke sana, karena ini menjadi potensi dan kekuatan Kota Baubau,” tegas Ny. Agista seraya memberi contoh sejumlah potnesi ekonomi kreatif di ektor kepariwisataan.

Sementara itu Sekretaris Kota Baubau, Dr. Roni Muhtar, M.Pd dalam sambutannya mengapresiasi kehadiran Ny. Agista sebagai kunjungan perdana pasca dilantiknya Gubernur H. Ali Mazi, SH. Ia juga mengungkap tentang keragaman potnesi pariwisata Kota Baubau yang perlu terbangun secara simultan antara Pemkot, Pemprov, dan tingkat nasional.

“Khususnya berkaitan dengan even-even, kami berharap petunjuk Ibu Gubernur agar Pariwisata Kota Baubau semakin berdaya saing, dengan promosi dan kegiatan yang simultan,” harap Sekot Dr. Roni Muhtar.

Mewakili Gubernur Sultra, kepala Biro Kerjasama Antar Daerah Setda Sulawesi Tenggara, Dr. Harmin Ramba, M.Si menyatakan harapan besarnya agar potensi daerah yang dimiliki Kota Baubau bisa semakin berkembang, dan menjadi kekuatan bersama segenap stakeholder di kota ini.