Garis Logo
images

Apel Besar Pramuka Baubau berlangsung Hikmad di Buper Samparona

Peringatan Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka ke-57 tingkat Kwartir Cabang Kota Baubau dalam bentuk Apel Besar Pramuka dilaksanakan Selasa pagi ini, 14 Agustus 2018 di Bumi Perkemahan Samparona, yang dipimpin langsung Sekretaris Mabicab yang juga Sekda Kota Baubau, Dr. Roni Muhtar, M.Pd.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Baubau, H. Idrus Taufiq Saidi, S.Kom., M.Si merilis suasana Apel Besar bertema ‘Pramuka Perekat NKRI’ ini berlangsung dengan hikmad diikuti segenap anggota Gugus Depan, Satuan Karya, para Andalan dari tingkat cabang dan ranting, pelatih, pembina, pamong saka, instruktur dan segenap unsur pramuka dewasa se Kota Baubau.

Hikmadnya acara ini juga kegembiraan warga pramuka menyusul baru kali ini digelar Apel Besar Pramuka, setelah tiga tahun berturut-turut tidak digelar acara serupa dengan alasan-alasan teknis. Oleh karea itu Sekda sebelum membacakan sambutan resmi Ka.Kwarnas, mengungkap Pramuka Baubau tetap harus bersemangat, menjalankan program kerja yang sudah digariskan, dan tetap konsiten melakukan pembinaan di Gugus Depan dan Satuan Karya.

Sementara point penting sambutan Ka Kwarnas, bertalian dengan konsistensi Pramuka sebagai organisasi perekat bangsa, tidak berafiliasi dengan partai politik dan atau tidak mencampurkan pramuka dengan politik, serta mampu berinovasi dari kreativitas yang dikerjakan.

“Juga kemampuan menyesuiakan diri dengan era digital saat ini, tetap fokus sebagai kegiatan pendidikan luar sekolah, dan pembinaan berdasarkan pola pembinaan Gerakan Pramuka, sejak didirikan 14 Agustus 1961 lalu sesuai semangat Sri Sultan Hamengkuuwono IX,” tandas Ka Kwarnas Dr. H. Adiyaksa Dault, M.Sc dibacakan Roni Muhtar.

Sementara itu, bertindak sebagai komandan upacara Mega Nur Joni, Pramuka penegak MAN Baubau, dengan pelaksana upacara yang berasal dari Pramuka Penegak Pandega Kota Baubau. Apel besar ini terasa begitu nasionalis dengan hiburan aubade lagu-lagu nasional yang dipimpin Felya Idrus.

Berkaitan dengan Buper Samparona yang berpusat di Kecamatan Sorawolio Kota Baubau dikenal sebagai pusat pembinaan terpadau gerakan pramuka dan organisasi kepemudaan lainnya. Buper ini dikenal se nusantara karena pernah menjadi tuan rumah Pekemahan Putri tingkat Nasional (Perkempinas) I tahun 2008.