Garis Logo
images

BAUBAU GELAR PANEN PADI SAWAH BERSAMA

Puluhan hektar tanaman Padi persawahan di Kelurahan Nkaring-ngkari Kota Baubau yang masuk dalam program Upaya khusus (UPSUS) Kementerian Pertanian bekerjasama dengan Pemkot Baubau dan Makodim 1413 Buton, Jumat pagi ini (4/5) di panen secara bersama-sama oleh jajaran terkait.

Direlease Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Baubau, H. Idrus Taufiq Saidi, S.Kom, M.Si menjelaskan jika sebelum prosesi panen bersama ini dilaksanakan diskusi terbuka bersama petani yang dkemas nuansa ala acara ‘dari desa ke desa’ seperti di zaman Orde Baru yang dipimpin langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Baubau, Dr. Roni Muhtar, M.Pd atas nama Wali Kota Baubau, Dandim 1413 Buton, Letkol Inf. Davi Darma Putera, pihak Mapolres Baubau dipandu Kepala Dinas Pertanian Kota Baubau, Ir. Bahara, M.Si, dengan dihadiri sejumlah pimpinan SKPD Kota Baubau.

Dalamm laporannya, Kepala Dinas Pertanian Kota Baubau, Ir. Bahara, M.Si mengemukakan jika Panen ini merpakan sebuah bentuk keberhasilan dari program UPSUS musim tanam I periode Oktober 2017-Maret 2018, dengan luas areal sebesar 1.287 Hektar. “Sekarang kita telah memasuki Musim Tanam II (April-September 2018 dengan luas 1.099 Hektar,” tandas Bahara.

Berkaitan dengan UPSUS kata Ir. Bahara meliputi tiga hal yakni; peningkatan indeks pertanaman (PIP); Perluasan Areal Tanam (PAT) dan peningkatan Produktivitas (Intensifikasi) yang diikuti denganpengalokasian Alat dan Sistem Pertanian (ALSINTAN) untuk Kota Baubau seperti Traktor Roda Empat; Hand Traktor; Rice Transplanter (Mesin Tanam).

“Atas panen bersama Padi Sawah ini kami mengapresiasi positif langkah para petani yang ddidukung dengan pengawalan dan pendampingan pihak Kodim 1413 Buton, serta keseriusan camat dan lurah terkait denga UPSUS ini, ini upaya besar mensejahterakan masyarakat,” sambut Bahara.

Dilaporkan pula oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Baubau, H. Idrus Taufiq Saidi, S.Kom, M.Si, bahwa Sekda Dr. Roni Muhtar dalam sambutannya mengapresiasi komitmen semua pihak atas program ini, sehingga hasilnya terlihat sepert sekarang. “Ini kerja maksimal, dan kepada segenap Penyuluh Pertanian saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang besar, bagaimanapun kalau kita bekerjasama pasti akan mendapatkan hasil maksimal,” pesan Roni Muhtar.

Disampaikan pula jika Panen Padi sawah untuk produk ‘Pajale’ atau Padi, jagung dan Kedele ini merupakan gambaran jika kemajuan Kota Baubau di sektor pertanian masih dapat diandalkan untuk menunjang kebutihan pangan dalam wilayah Kota Baubau.

Sementara itu, Dandm 1413 Buton, Letkol Davi Darma Putera juga memberikan apresiasi besarnya dengan panen bersama ini. “rasa syukur tentu patut kita hadirkan atas kerjasama, kolaborasi dan mampu hadir bersama dengan petani di Ngkari-ngkari. Hari ini merupakan langkah besar mewujudkan program swasembada pangan, juga berkaitan dengan upaya mewujudkan ketahanan pangan yang dicanangkan Pemerintah Pusat dan daerah. Kami tetap komitmen memberikan pengawalan dan pendampingan bagi petani” tegas Dandim.