Garis Logo
images

BAUBAU TUAN RUMAH PENYERAHAN SERTIFIKAT TANAH SECARA NASIONAL

Kota Baubau menjadi satu dari empat kota yang menjadi tuan rumah penyerahan sertifikat tanah secara nasional yang diserahkan Presiden Jokowi melalui 3 orang menterinya. Baubau menjadi wakil Sulawesi Tenggara melalui tangan Menteri Desa Pembangun Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sanjoyo.

Tiga daerah lainnya, yakni Sumatera Barat yang diserahkan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, Bengkulu oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dan di Jawa Tengah oleh Presiden Joko Widodo sendiri.

Di Kota Baubau, acara di pusatkan pelataran Palagimata ini diserahkan 69.666 sertifikat tanah yang oleh Menteri Eko Putro disebut sebagai sertifikat milik masyarakat untuk 13 kabupaten dan kota di Sulawesi Tenggara, yang diwakilkan kepada 12 orang penerima secara simbolis.

“acara ini juga dipantau langsung oleh Presiden Joko Widodo, jadi kalau sudah pegang sertifikat, bukti status kepemilikannya sudah sah karena sertifikat tanah merupakan merupakan dokumen penting yang menjamin kepastian hukum pertanahan,” tandas Menteri PDTT didampingi Walikota Baubau, Dr. H. AS. Tamrin, MH, disaksikan segenap pejabat dan masyarakat di kota ini, termasuk pejabat dari Pemprop Sulra yang diwakilkan kepada Sekda Sultra Lukman Abunawas dan Asisten I Setprov Sultra, Dr. Syarifuddin Safaa dan rombongannya.

Menteri PDTT juga berpesan untuk menjaga dengan baik sertifikat tersebut, termasuk mengingatkan jika para penerima sertifikat akan diberikan pembinaan untuk berusaha melalui kemeterian terkait maupun dari pihaknya.

“Khusus dari kemeterian PDTTada pogram yang namanya Prukades. Jadi, desa yang mendapat sertifikat itu nanti dikaitkan dengan Prikades. Akan di link dengan dunia usaha, kementerian terkait dan perbankan,” papar Menteri PDTT.

Walikota Baubau, AS Tamrin kepada sejumlah media massa yang hadir di kota ini menyatakan rasa bangganya, jika Baubau menjadi salah satu kota yang dipercaya di even yang berhubungan langsung dengan kepentingan masyarakat ini.

“Ini juga tanda adanya hubungan baik dan dukungan dari pemerintah pusat akan kesinambungan pembangunan di kota ini. Masyarakat Baubau berharap ke depan Presiden bisa hadir langsung di kota ini, agar bisa menyaksikan langsung Kota Baubau, baik berkaitan dinamika pembangunannya serta keunggulan-keungulan potensi yang ada di dalamnya,” papar AS Tamrin.

Menteri PDTT Eko Putro Sandjodjo yang hadir sehari sebelum acara di mulai, didampingi Walikota AS tamrin menyempatkan diri berkeliling kota, menyaksikan kekuatan potensi warisan budaya Kesultanan Buton masa lalu dan panorama keindahan Kota Baubau.

Pada kesempatan tersebut, dihadapan walikota, Menteri PDTT berjanji akan menyampaikan kepada kementerian terkait untuk membantu mengangkat potensi kepariwisataan di kota ini, termasuk ikut mempromosikannya kepada para stakeholder yang ada di Jakarta.