Garis Logo
images

DARI BAUBAU, KEMITRAAN JKPI DIPERLUAS

Upaya untuk terus menumbuhkan dan memperluas keanggotan daerah-daerah yang menyimpan kesejarahan menjadi topik tersendiri penyelenggaran Prakongres Jaringan Kota Pusaka Indonesia, yang dipusatkan di Baubau 3 hari kedepan. Hal ini mengemuka dengan banyaknya daerah-daerah yang menyatakan diri bergabung dengan JKPI, sekalgus membahas persiapan penyelenggaraan Kongres Besar di Kota Solo tahun 2018 mendatang.

Pernyataan ini diungkap Direktur Eksekutif JKPI, Ir. H. Asfrinal dalam sambutannya di acara Ramah Tamah Prakongres JKPI dan Napak Tilas Arung Palakka yang berlangsung di Bantea Umuri Bolu –Rumah Jabataan Walikota Baubau Minggu malam ini, (19/11).

Dijelaskan Nanang, sapaan akrab Asfrinal bahwa kemitraan Kota Pusaka Indonesia untuk dapat mengkristalisasi peran-peran JKPI dalam pembangunan nasional di Indonesia, dimana pemerintah pusat juga ikut memberikan perhatian seriusnya di persoalan kota pusaka, dimana di beberapa tempat telah diakui sebagai warisan dunia yang ada di Indonesia.

“Adapun prakongres malam ini di pusatkan di Baubau mengingat Walikota AS Tamrin adalah Ketua Umum Presidium JKPI Pusat, sekaligus amanah dari hasil Kongres bulan Mei 2017 lalu di Gianyar Bali. Dan, malam hari ini ada penambahan dua anggota baru yakni Pasuruan dan Kabupaten Belitung Timur. Ini berarti sudah ada 66 daerah anggota JKPI di Indonesia, dan akan diterima langsung oleh Presidium JKPI, Pak Dr. AS Tamrin,” tandas Nanang.

Sementara itu Dr. AS Tamrin, MH dalam kapasitasnya sebagai Walikota Baubau memperkenalkan Baubau sebagai kota pusaka tua warisan kesultanan Buton masa lalu, dan didalamnya masih banyak sius-situs sejarah yang dapat disaksikan utuh dan terpelihara keberadaannya. “Dan Kota Baubau juga telah memerankan dirinya sebagai kota dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di kawasan Kepulauan Buton dan Sulawesi Tenggara pada umumnya,” tandas Walikota.

Hal lain dari itu, sebagai kota tua Kota Baubau juga semakin mempersiapkan diri kelak sebagai calon ibukota Provinsi Kepulauan Buton, Insha Allah kelak setelah mendapat persetujuan dari pemerintah pusat.

Sementara dalam kapasitasnya sebagai Presidium JKPI Pusat, AS Tamrin mengingatkan daerah-daerah yang baru bergabung di JKPI untuk mempoertajam keunggulan masing-masing daerah, sehingga JKPI tetap eksis dalam pergulatannya untuk memelihara khazanah budaya dan segala kearifan lokal di dalamnya. “saya ucapkan selamat bergabung di JKPI untuk Pasuruan dan Belitung Timur, juga selamat datang kepada sekalian hadirin di Kota Baubau, Pemilik Benteng Terluas di dunia,” papar AS Tamrin.

Untuk agenda Prakongres JKPI di Kota Baubau ini, pihak Pemkot Baubau menyediakan sejumlah agenda kegiatan khas budaya Buton, termasuk mempromosikan warisan pusaka bangsa yang ada di kota ini, selain Benteng Keraton dengan berbagai khazanah di dalamnya, juga memperkenalkan objek-objek bangunan sejarah yang ada di kota ini.

Dirilis Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Baubau, H. Idrus Taufiq Saidi, S.Kom., M.Si bahwa rangkaian kegiatan prakongres ini dimulai dengan kegiatan Napak Tilas Arung Palakka telah dilaksanakan pada pagi hingga siag hari tadi, dan telah menjadi agenda kegiatan rutin tahunan antar Kota Baubau dan Kabupaten Bone, juga melibatkan beberapa daerah di Sulawesi selatan yang berkaitan dengan kesejarahan tersebut, seperti Kabupaten Gowa. Sementara agenda Rapat dan seminar Prakongres akan dipusatkan di Salsa Resort Kota Baubau**

Sumber : https://web.facebook.com/PemkotBaubau