Garis Logo
images

DEBAT PUBLIK PILKADA BAUBAU BERLANGSUNG DALAM SUASANA AMAN DAN TERTIB

Jalannya pelaksanaan debat publik Pilkada Kota Baubau tahun 2018 yang diselenggarakan oleh KPU Kota Baubau dengan menggandeng pihak I-News TV untuk menyiarkan secara langsung secara nasional yang digelar Sabtu malam ini (12/5) di gedung Maedani berlangsung dalam keadaan kondusif, aman dan tertib.

Suasana tersebut dalam release Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Baubau, H. Idrus Taufiq Saidi, S.Kom, M.Si kepada media massa dijelaskan jika sebelum debat dimulai, para pendukung 5 Paslon mulai memadati kawasan Stadion Betoambari ini sejak pukul 19.00 wita juga dalam suasana damai, dengan pengawalan dari aparat Polres Baubau dan beberapa personil dari Makodim 1413 Buton. Bahkan tampak beberapa tim sukses bercengkrama satu sama lain dalam suasana penuh kekerabatan, sebelum memasuki pintu utama gedung Maedani yang terbilang padat.

Wali Kota Baubau, Dr. Ir. H.Hado Hasina, MT dan jajarannya beserta Ketua DPRD Baubau, H. Kamil Ady Karim - ikut hadir pada acara tersebut, dan memasuki Gedung Maedani sekitar pukul 19.30 wita. Tepat pukul 19.45 wita, acara debat publik dimulai dengan hiburan pengantar dengan lagu bernuansa nasionalisme oleh Mona Idol, berjudul “Gebyar-gebyar” karya Gombloh yang membawa suasana dalam kegembiraan oleh masing-masing Paslon dan segenap pendukungnya.

Tepat pukul 20.00 wita acara dimulai oleh dan bertindak sebagai Moderator debat adalah Yusfitri Nesha dari I-News TV memulai dengan menjelaskan jika acara ini merupakan sebuah perjalanan sejarah dan sebagai proses demokrasi di Kota Baubau, yang selanjutnya mempersilahkan masing-masing Paslon dimulai dari Paslon No. 1 Pasangan Roslina-La Ode Yasin, Paslon No.2 pasangan AS.Tamrin La Ode Ahmad Monianse; Paslon No.3 pasangan Wd. Maasra Manarfa-Ihsan Ismail; Paslon No.4 pasangan H.Yusran-Ahmad; Paslon No. 5 pasangan Ibrahim-Ilyas; untuk menempati posisinya masing-masing di atas panggung utama berdasaran urutan masing-masing.

Sebelum memulai debat diawali dengan lagu Indonesia Raya bersama seluruh hadirin dipimpin Mona Idol, selanjutnya sambutan Ketua KPU Kota Baubau, Dian Anggraeni, S.Hut. Dalam sambutannya Dian Anggraeni menyatakan jika debat publik ini bertujuan untuk membangun sinergitas Baubau yang berkemajuan dan berkeperadaban. “debat ini jhuga untuk menyebarluaskan visi-misi Pasangan calon dan menjadi referensi publik dalam menentukan pilihannya, sekaligus peningkatkan partisipasi masyarakat,” jelasnya.

Dijelaskan pula jika debat publik ini melibatkan 4 orang panelis dalam merumuskan materi debat dengan membangun ide dan gagasan dari masing-masing visi misi Paslon. Keempat panelis tersebut masing-masing; Prof. Dr. Susanto Zuhdi, M.Hum dari Universitas Indonesia-Jakarta; Prof. Ir. La Sara, MS.Ph.D dari Universitas Halu Oleo Kendari; Prof. Ir. Sumbangan Baja, M.Phill.Ph.D dari Universitas Hasanuddin-Makassar dan Prof. Dr. Hasanuddin Bua dari Universitas Halu Oleo Kendari.

Adapun materi debat dibagi ke dalam 5 (lima) segmen. Segmen pertama dimulai dengan penyampaian visi-misi secara berurutan dari pasangan Roslina-La Ode Yasin; pasangan Tamrin-Monianse; pasangan Wd. Maasra-Ihsan Ismail; pasangan Yusran-Ahmad dan pasangan Ibrahim-Ilyas. Untuk segmen kedua yakni moderator memberikan pertanyaan dari panelis yang berdasarkan visi-misi masing-masing Paslon. Sesi ini dimulai dengan memberikan pertanyaan kepada pasangan Tamrin-Monianse; pasangan Wd. Maasra-Ihsan Ismail; pasangan Yusran-Ahmad; pasangan Ibrahim-Ilyas, dan teralhir pasangan Roslina-La Ode Yasin.

Segmen ketiga, giliran Calon Wakil Wali Kota untuk memilih soal, selanjutnya memberikan pertanyaan untuk ditanggapi kepada Calon wakil yang dituju untuk dijawab selama 1 menit, dan ditanggapi balik oleh penanya juga dalam waktu satu menit.

Pada sesi ini dimulai oleh Cawali No.3 Ihsan Ismail yang bertanya ke Cawali No.4 Ahmad Arfa; kemudian dilanjutkan Cawali No. 4 Ahmad bertanya ke Cawali No.5-Ilyas; selanjutnya Cawali No.5 Ilyas bertanya ke Cawali No. 1- La Ode Yasin. Berikutnya Cawali Nomor 1-La Ode Yasin bertanya ke Cawali Nomor 3-Ihsan Ismail, dan terakhir Cawali Nomor 2-Ahmad Monianse bertanya ke cawali Nomor 3-Ihsan Ismail.

Pada segmen keempat, dilakukan adu argumentasi masing-masing calon wali kota, yang dimulai dari calon No.4 H.Yusran bertanya ke Calon No.3-Wd. Maasra Manarfa; berikutnya calon no.5 Ibrahim Marsela bertanya ke calon No.2-AS.Tamrin; selanjutnya Calon Nomor 1-Roslina bertanya ke Calon No.5 Ibrahim Marsela. Berikutnya, Calon No.2-AS.Tamrin bertanya k Calon No.1-Roslina, dan terakhir calon Nomor 3 – Wd. Maasra bertanya ke Calon No.4- H.Yusran.

Metode segmen keempat ini sama dengan segmen ketiga, yakni calon bertanya ke calon yang dituju untuk dijawab, kemudian ditanggapi kembali oleh calon yang bertanya; juga dengan durasi waktu yang sama dengan segmen sebelumnya.

Segmen terakhir adalah segmen kelima, dimana moderator meminta Paslon untuk menyampaikan ‘closing statemen’ mengapa mereka layak untuk dipilih. Dimulai dari pasangan Ibrahim-Ilyas; selanjutnya Paslon Roslina-Yasin; Paslon Tamrin-Monianse; Paslon Maasra-Ihsan; dan Paslon Yusran-Ahmad.

Keseluruhan segmen acara beralngsung tepat waktu, moderator pun tidak pernah memberikan teguran kepada audien dalam gedung sebab berlangsung dalam suasana yang sangat tertib, aman dan terkendali. Acara kemudian ditutup dengan penampilan Mona Idol yang tampil menyanyikan lagu “Jingle Pilwali Kota Baubau”.

Usai debat, suasana di luar gedung berlangsung riuh dan penuh kegembiraan dengan tetap memberikan dukungan semangat kepada masing-masing Paslon yang telah sukses atas kegiatan debat publik malam ini.