Garis Logo
images

DINI HARI PROSESI QUNUA RAMADHAN BERLANGSUNG HIKMAD

Negeri Buton memang dikenal sebagai negeri yang penuh dengan budaya khas keislaman sebagai warisan kejayaan Kesultanan Buton masa lalu. Seperti dini hari Jumat ini, di Masjid Agung Keraton Buton di Kota Baubau digelar prosesi qunua Ramadan atau qunut yang kemudian dilanjutkan dengan sahur bersama antara perangkat Sara Masjid Keraton dengan Pemkot Baubau dan segenap warga yang hadir dan dipusatkan di Baruga Keraton.

Prosesi merupakan tradisi tahunan di setiap bulan puasa yang menadai masuknya jadwal Qunut sekaligus penandaan pertengahaan ibadah puasa hingga memasuki waktu-waktu akhir. Acara ini terbilang unik sebab didahului dengan ibadah Salat tarwih tepat pada pukul 24.00 wita dan berlangsung hingga pukul 02.00 dinihari, dilanjutkan dengan doa gunut secara hikmad. Selanjutnya Sara Masjid gung Keraton menuju Baruga bergabung dengan hadirin untuk prosesi doa bersama, dan kemudian sahur bersama.

Cukup banyak panganan yang tersaji dalam talang-talang khas Buton berukuran besar, sehingga pemerintah dan warganya bisa bersama untuk menikmati nikmatnya sahur Ramadhan.