Garis Logo
images

HALO SULTRA DIBUKA, GUBERNUR KAGUMI KERAJINAN KUNINGAN BAUBAU

Pembukaan HALO Ekspo 2018 dalam rangka memperingati HUT Sulawesi Tenggara ke 54 yang dipusatkan di pelataran Tugu Persatuan Eks MTQ Kendari semalam (senin, 24 April 2018) berlangsung semarak dengan permainan kembang api yang menghiasi tugu MTQ setelah dibuka secara resmi Penjabat Gubernur Sulawesi Tenggara, Drs. H. Teguh Setyabudi, M.Pd yang diikuti segenap elite Sulawesi Tenggara termasuk bupati/walikota di provinsi ini.

Direlease Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Baubau H. Idrus Taufiq Saidi, S.Kom, M.Si menyebutkan jika Gubernur dalam sambutannya begitu mengapresiasi seluruh kegiatan HALO Sultra ini sebagai tradisi tahunan yang telah berlangsung 11 tahun dan telah menjadi agenda Wonderful Indonesia. Karena itu ia menghimbau seluruh stakeholder di daerah ini untuk membangun Sultra menjadi provinsi yang lebih baik.

“Terdapat 631 pulau, 71 teluk, dan 17 Kabupaten dan Kota, kaya adat, tentunya menjadi reprensentasi dan bingkai NKRI, sumber daya dan potensi daerah yang melimpah, harus bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan daerah ini, ini kekuatan kita, kekuatan Indonesa. Saya makn cinta dan bangga dengan provinsi Sulawesi Tenggara ini,” tandas Gubernur disambut tepuk riuh ribuan hadirin.

Sebagai bentuk ungkapan kebanggaan dan rasa terima kasih, gubernur memberi apresiasi dan ucapan terima kasinya kepada Bupati/Walikota dan segenap mereka yang bekerja keras di Pesona Halo Sultra, apalagi gubernur menyaksikan langsung stand busana tenunan yang menambah decak kagumnya.

Hal senada diungkapkan Staf Ahli Kementerian Pariwisata RI yang hadiri memberi sambutan menyatakan jika Pesona Halo Sultra ini telah menjadi salah satu dari 3 ribu event, yang kedepannya diharapkan bisa masuk dalam 10 besar Even Unggulan di Indonesia.

Usai pembukaan resmi, Gubernur yang didampingi segenap kepala daerah berkeliling mengunjungi stand pameran. Khusus di stand Kota Baubau yang merupakan salah satu stand yang banyak menyedot pengunjng, Gubernur disambut langsung Pj. Wali Kota Dr. Ir. H. Hado Hasina, MT. Cukup lama gubernur di stand ini dimana ia mendengarkan secara seksama pemaparan Wali Kota HadoHasina, mulai dari konsep-konsep pembangunan, hingga aneka panjangan dalam stand.

Salah satu yang menjadi kekaguman Gubernur adalah kerajinan kuningan Baubau yang menonjolkan sejumlah aksesories diantaranya kuningan Kanturuna Wolio, Bosu, Gong, Dengu-dengu dan berbagai jeis teko. Bahkan Gubernur sempat bertanya banyak hal tentang industri kerajinan ini.

Stand pameran Baubau ini banyak diisi dokumentasi kesejarahan foto profil kepemimpinan darerah sejak berstatus Kota Administatif hingga Kota Otonom, aneka kerajinan rakyat dan poster-poster pembangunan daerah, serta tampilan hail pertanian yang dikemas dalam bentuk patung berhias bahan pangan hasil Kota Baubau yang banyak diapresisi pengunjung untuk berselfie ria.

Dijelaskan Kadis Kominfo Kota Baubau, H. Idrus Taufiq Saidi jika stand pameran Kota Baubau ini selama sepekan di Kota Kendari ini akan dikawal oleh gabungan 7 instansi di Kota Baubau, serta terlibat langsung dalam sejumlah acara Pesona Halo Sultra; lomba fotografi nasional, seni budaya, expo dn pemilihan Putra putri Pariwisata Sultra 2018. Khusus carnaval, Kota Baubau tampi dalam busana tenun daerah khas Buton dengan ikon Nenas sebagai simbol utama.