Garis Logo
images

HUT Bayangkara 73 Tingkat Mapolres Baubau di Peringati di Bungi, Wali Kota Hadir langsung

KAPOLRES Baubau, AKBP Hadi Winarno, SIK punya cara tersendiri mendekatkan jarak antara jajarannya dengan masyarakat. Salah satuya dengan menggelar puncak peringatan HUT Bayangkara ke-73 yang bisasanya digelar di Mapolres, kini digeser ke wilayah kecamatan. Tepatnya di kawasan Mapolsek Bungi, salah satu kecamatan yang berada di utara Kota Baubau, pada Rabu, 10 Juli 2019.

“Semata-mata untuk mendekatkan polisi dengan warga. Ini juga akan digelar secara bergilir di masing-masing Mapolsek.,” kata Kapolres Baubau AKBP Hadi Winarno, SIK.

Otomatis, karena penyelenggaraan HUT digelar di wilayah kecamatan, maka kepala daerah dalam cakupan Mapolres Baubau, seperti Wali Kota Baubau, Dr. H. AS. Tamrin, MH dan mewakili Bupati Buton Tengah, mewakili Bupati Buton Selatan, Dandim 1413 Buton Letkol TNI Davy Darma Putra dan sejumlah anggota Forkompimda lainnya pun ikut ke Bungi, bergabung dengan polisi dan warga yang begitu bergembira.

Puncak perigatan HUT Bayangkara ini, digelar dalam sebuah upacara bendera dan diakhiri dengan pemotongan tumpeng ulang tahun, dan pemberian penghragaan kepada polisi dan staf yang berdedidkasi di masyarakat. Bertindak sebagai inspektur Upacara, Kapolres Hadi Winarno membacakan amanat langsung dari Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo.

Pada amanah Presiden kali ini mengapresiasi keberhasilan kerja keras Polri berkait situasi keamanan dalam negeri sepanjang tahun 2018 dan 2019 yang terpelihara dengan baik, Polri dan TNI telah mengamankan seluruh perhelatan intemasional yang diselenggarakan Pemerintah, yaitu Asian Games, Asian Para Games, sens lMF-Wond Bank Annual Meeting 2018. Polri dan TNI Juga telah mengamankan penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2018 dan Pemilu Tahun 2019 sehingga terselenggara dengan aman, damai, dan demokratis.

Seluruh agenda kemasyarakatan juga dapat terselenggarakan dengan aman, mulai dari perayaan Natal 2018, Tahun 2019, sampai dengan Ramadhan dan idul Fitri 2019 kita juga merasakan situasi kamtibmas yang kondusif, arus mudik dan arus balik berjalan dengan lancar, stabilitas harga dan ketersediaan bahan Pangan terjamin di seluruh wilayah Indonesia. Selain itu, bersama dengan seluruh pemangku kepentingan, Polri turut terlibat aktif dalam penanggulangan bencana yang terjadi di berbagai wilayah di tanah air.

Polri juga telah mengungkap berbagai kejahatan, mulai dari kejahatan konvensional yang meresahkan masyarakat. kemudian kejahatan lintas negara seperti terorisme, perdagangan narkotika, perdagangan orang, dan kejahatan ciber, Ialu kejahatan berimplikasi kontinjensi seperti konflik social, kerusuhan massa, dan unjuk rasa anarkis, sampai dengan kejahatan terhadap kekayaan negara seperti illegal logging, illegal fishing, dan tindak pidana korupsi, Termasuk dalam menindak kejahatan tindak pidana korupsi sepanjang tahun 2018, Polri telah berhasil mengungkap kerugian negara senilai Rp. 2,9Triliun dan menyelamatkan keuangan negara sebesar Rp. 2,3 triliun.
Selanjutnya dalam pengelolaan organisasi, polri telah meningkatkan akuntabilitas dan transparansi. Laporan keuangan polri meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan selama 6 tahun berturut-turut

Laporan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. menunjukkan Nilai Akuntabilitas Kinerja lnstansi Pemerintah dan lndeks Reformasi Birokrasi Polri mengalami peningkatan, disertai dengan keberhasilan mewujudkan 69 Zone lntegritas, yang terdiri dari 64 Satker dengan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) den 5 Satker dengan predikat Wilayah Birokrasi Bersih Malayani (WBBM). Hal lni menempatkan Polri pada urutan kedua Kementerian/Lembaga dengan Zona lntegritas terbanyak setelah Kementerian Keuangan.

Dengan berbagai capaian tersebut, kinerja polri dalam memelihara keamanan dalam negeri terus mendapatkan apresiasi dari masyarakat. Tingkat kepercayaan publik terhadap institusi Polri terus meningkat. Hal tersebut ditunjukkan Oleh berbagai survei yang diselenggarakan lambaga lembaga survei yang kredibel, Polri menjadi sala satu lembaga yang dopercaya publik. setelah KPK dan TNI.

Capaian tersebut merupakan hasil kerja keras seluruh personal Polri, dengan dukungan mitra kerja dan masyarakat. Oleh karena itu. dalam kesempatan yang penuh dengan kebahagiaan ini. saya mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada seluruh personal Polri di manapun Saudara mengabdi. kepada mitra kerja Polri. serta kepada masyarakat yang telah mendukung terwujudnya stabilitas keamanan dalam negeri yang kondusif.