Garis Logo
images

KAMIL ADY KARIM DAN LA BARA JADI PIMPINAN DPRD BAUBAU, ARY PRIADI ANNAS DAN DAHILU JADI ANGGOTA BARU. WALI KOTA HARAPKAN SINERGITAS

Selasa 3 April 2018 menjadi hari yang membahagiakan bagi 4 (empat) orang politisi di Kota Baubau. Dua diantaranya berposisi jadi pimpinan DPRD Kota Baubau, masing-masing H.Kamil Ady Karim, SP yang resmi menjabat sebagai Ketua DPRD Kota Baubau menggantikan H. Roslina Rahim yang mengikuti konstestasi Pilkada Baubau. Demikian halnya dengan La Bara, AMKL menduduki posisi Wakil Ketua DPRD menggantikan La Ode Yasin Masadu yang juga mengikuti kontetasi Pilkada.

H. Kamil Ady Karim sebelumnya adalah ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPRD Kota Baubau, sementara keanggoataan pengganti antar waktu (PAW) dari Hj. Roslina Rahim digantikan La Ode Ary Priadi Annas. Untuk keanggotaan PAW pengganti La Ode Yasin Mazadu di fraksi Partai Bulan Bintang (PBB) digantikan H. Dahilu, SE,MM.

Proses pergantian pimpinan dan keanggotaan baru ini digelar dalam sidang Paripurna Istimewa DPRD Kota Baubau dalam rangka peresmian dan pengambilan sumpah/janji Pengganti Antar Waktu Ketua dan Wakil Ketua, dan Pengambilan sumpah/janji Pengganti Antar Waktu anggota DPRD Kota Baubau Sisa Masa jabatan 2014-2019.

Sidang istimewa ini dipimpin Wakil Ketua I DPRD Kota Baubau, Aris Marwan Saputra, SH yang dihadiri langsung Pj. Wali Kota Baubau, Dr. Ir. H. Hado Hasina, MT, Kepala Biro Pemerintahan Pemprop Sultra La Ode Ali Akbar yang mewakil Gubernur Teguh Setya Budi, dan juga Ketua DPRD Sulawrsi Tenggara, H. Abdurrahman Saleh. Turut disaksikan sejumlah politisi diantaranya mantan pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Baubau periode 2013-2018, Dr. H.AS. Tamrin, MH dan Hj. Wa Ode Maasra Manarfa, S.Sos. M.; Dandim 1413 Buton dan segenap anggota Forkopimda Kota Baubau, juga semua pimpinan organisasi kelembagaan daerah di Kota Baubau.

Keempat politisi ini dilantik berdasarkan SK Gubernur Sultra, No. 210 dan 211 tahun 2018 tertanggal 26 Maret 2018 ditandatangani Pj. Gubernur Sulawesi Tenggara Drs. H. Teguh Setyabudi, M.Pd, yang dibacakan langsung Sekretaris DPRD Kota Baubau, Wa Radja, SE.

Adapun proses pelantikan H. Kamil Ady Karim sebagai Ketua DPRD Baubau dan La Bara, AMKL sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Baubau dipaandu langsung Ketua Pengadilan Negeri Baubau, Sutadji, SH., MH. Sementara pelantikan Laode Ary Priadi Annas dan H. Dahilu sebagai anggota baru oleh Ketua DPRD yang baru H. Kamil Ady Karim, yang tentu merupakan rutinitas pertama Kamil Ady Karim sebagai ketua dewan.

Suasana pelantikan berlangsung dalam proses yang hikmad, bahkan situasi diluar gedung dewan tampak hujan keras, tetapi tidak mengurangi hikmadnya prosesi pelantikan tersebut.

Usai prosesi pelantikan, Pj. Wali Kota Baubau, Dr. Ir. H. Hado Hasina, MT dalam sambutannya mengharapkan pimpinan DPRD Baubau yang baru serta anggota yang baru saja dilantik untuk dapat membangun sinergitas dengan semua pihak, khususnya jajaran Pemerintah Kota Baubau agar proses pembangunan dapat berlangsung sebagaimana yang diharapkan semua pihak.

Pada kesempatan ini Wali Kota Hado Hasina membacakan petikan ayat suci Alquran dan memaparkan sejumlah pemkanaannya berkaitan dengan konsep-konsep kepemimpinan, baik dari ketaqwaan kepada Allah SWT juga kepemimpinan berdasarkan metodik ‘ulil Amri’ yang dipahami sebagai proses dan langkah bersama untuk memecahkan masalah.

Dijelaskan pula oleh Wali Kota Hado Hasina bertalian rasa syukur kpada Tuhan Yang Maha Esa, atas sinergitas yang selama ini terbangun baik dengan DPRD dan Forkopimda segala persoalan dapat dielesaikan dengan baik.

“Pada kesempatan ini, Pemerintah Kota Baubau akan memberikan penghargaan yang sebesar-besarnya pada Kapolda Sultra, Kapolres Baubau yang 24 jam selalu bersama dengan Dandim 1413 Buton dan Kapolres Buton yang mampu memberikan jaminan kondusifitas wilayah, sehingga tindakan kriminal yang terjadi 4 hari sebelumnya, pelaku dan aktor nya dapat ditangkap. Ini adalah wujud kebersamaan, dan masyarakat Baubau benar-benar terjaga kondusifitasnya, bisa berkativitas “ tandas Wali Kota.

Oleh karena itu kata Wali Kota Hado Hasina, pada sore hari ini juga akan dilaksanakan Istigozah yang dipusatkan di Baruga Kraton buton sebagai rasa syukur kepada Allah SWT, sembari juga memberikan ungkapan belasungkawa pada keluarga korban atas kejadian kriminalitas tersebut. Lebih penting dari itu, Wali Kota mengingatkan masyarakat Kota Baubau untuk selalu menjaga kekompakan, dan menjunjung tinggi rasa persatuan dan kesatuan.