Garis Logo
images

KOMUNITAS PEMANDU WISATA BAUBAU GELAR SEMINAR BEASISWA INTERNASIONAL

Puluhan pemnadu Wisata Kota Baubau yang tergabung dalam Creative English Society (CES) Baubau Sabtu siang (10/3) menggelar Seminar Beasiswa International and Suistinable Tourism yang pembukaannya digelar di Aula Palagimata Kantor Walikota Baubau, yang rencananya berlangsung selama dua hari.

Seminar yang bertajuk “Dream Big, Sharpen Your Skill”, sejogyanya dibuka langsung dan menjadi pembicara utama adalah Penjabat Wali Kota Baubau, Dr. Ir. H. Hado Hasina, MT, namun pagi harinya mendadak berangkat ke Wakatobi sehubungan kerabat dekat beliau meninggal dunia, sehingga acara ini diwakilkan kepada Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, H. Idris Taufiq Saidi, S.Kom., M.Si untuk membuka acara ini sekalgus memberikan kata sambutan.

Idrus Taufiq Saidi saat memberi sambutan menyampaikan apresiasi besar Wali Kota Hado Hasina atas penyelenggaraan seminar ini yang menurutnya sebuah lompatan berpikir dan bentuk inovasi dari elemen kepemudaan khususnya segenap para pemandu dan penggiat kepariwisataan di kota ini.

“Wali kota berpesan kepada kita semua, agar berani melakukan inovasi demi kemajuan daerah, apalagi di Baubau dikenal sebagai salah satu destinasi wisata Sulawesi Tenggara. Konsep “berani” ini penting diterjemahkan agar semua pihak di daerah ini memliki energi positif melakukan inovasi-inovasi demi kemajauan daerah. Konsep ini satu dari 5 kunci sukses yang sering digaungkan Wali Kota Baubau, tentu ini juga resep dan energi besar untuk membangun kota ini” papar Idrus Taufiq.

Berkaitan dengan penyelenggaraan seminar beasiswa internasional dan suistinable tourism ini, ia berpesan agar bisa meghasilkan sejumlah rekomendasi yang penting berkaitan kepariwisataan di kota ini, termasuk pengelolaan sumber daya manusianya.

“Sebagaimana tema seminar, dream big, sharphen your skill, menjadi inspirasi besar agar generasi muda khususnya pemandu dan penggiat kepariwisataan untuk benar-benar bisa membaeri sumbangsih pemikiran, juga kegiatan praktis sesuai keahlian yang dimiliki. Hal ini mengingatkan juga pesan Presiden Soekarno yang mengatakan; gantunglah cita-citamu setingi langit, sebab jika engkau terjatuh, maka kamu akan terjath di antara bintang-bintang,” pesan Idrus disambut aplaus peserta seminar.

Banyak hal disampaikan dalam sambutan ini termasuk potensi besar kepariwisataan di kota ini, yang dinilainya sangat lengkap, karena memiliki wisata budaya dan sejarah, wisata alam. Dan wsiata ptualangan, apalagi Baubau banyak memiliki spot-spot wisata, selain kemegahan Benteng Keraton yang dikenal sebagai benteng terluas di dunia.

“tentu harus dapat dimaksimalkan agar bisa membawa kemaslahatan bagi masyarakat dan Kota Baubau secara umum. apalagi didukung pemandu dan penggiat wisata yang memiliki kualitas Bahasa Inggris yang sangat mengagumkan. Atas nama pemerintah daerah, kami sangat mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan ini,” imbuh Idrus.

Sebelumnya, ketua panitia penyelenggara seminar, Muh.Yunan mennghaturkan ucapan terima kasih atas kepedulian Pemkot Baubau, terutama kepada wali kota yang telah memberi fasilitas berupa tempat penyelenggaraan di Palagimata ini. “Awalnya kami tidak merencanakan di tempat ini, tetapi wali kota mengajak agar dilaksanakan di Palagimata tentu ini dukungan besar, kami sangat berterima kasih, sebab aula ini ternyata bisa digunakan untuk publik,” tandas Yunan.

Sementara Presiden CES Baubau, Catur Astagina Octavia dalam sambutannya mengapresiasi langkah besar penyelenggaraan seminar beasiswa international dan suistinable tourism ini, sebagai langkah kongkrit pemuda Baubau untuk terlibat langsung dalam membangun jejaring, sehingga pemuda dan pelajar baubau bisa mendapatkan akses ke luar negeri, dengan kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki, serta dapat dimanfaatkan oleh pemerintah berkaitan dengan pengelolaam keperiwisataan di Kota Baubau.

Oleh karena itu kata Catur Astagina, seminar ini juga dirangkaikan dengan “training pemandu wisata” serta test TOEFL, yang akan diikuti puluhan mahasiswa dan pelajar di kota ini. “Atas nama komunitas pemandu wisata sekaligus pencinta pendidikan Bahasa Inggris, kami tentu ingin mengapresiasi langkah besar penjabat wali kota, bapak Hado Hasina yang memberi kesempatan kepada kami untu meneyelenggarakan kegiatan ini, kendati beliau berhalangan karena sesuatu hal yang tak dapat beliau tinggalkan,” ujarnya.

Pembukaan ini disambut antusias peserta seminar, disaksikan Kadis Komunikasi dan Informatika dan Kadis Perdagangan dan Industri Kota Baubau, serta sejumlah perwakilan SKPD yang berkesempatan hadir di acara ini.