Garis Logo
images

KONTINGEN CARNAVAL KOTA BAUBAU TERBESAR DI HUT SULTRA, SERAHKAN KANTURUNA WOLIO KE GUBERNUR

Menjadi catatan menarik bagi Kota Baubau di Hari Ulang tahun Sultra ke 54 tahun 2018 ini, adalah partisipasi aktifnya mengikuti sejumlah kegiatan penting yang digelar pihak panitia, dan khusus pawai carnaval, dilaporkan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Baubau sebagai kontingen dengan peserta terbanyak.

“Tahun ini alhamdulillah, Pawai Carnaval dari Kontingen Kota Baubau menjadi yang terbesar di HUT Sultra kali ini dengan melbatkan sekitar 300 orang peserta,” ujar H. Idrus Taufiq Saidi, S.Kom., M.Si - Kadis Kominfo Baubau dalam releasenya ke media massa di Kota Kendari Selasa sore ini (24/4).

Disebutkan dalam laporan yang dibacakan panitia hanya sebesar 100 orang tetapi ‘membludak’ menjadi 300 orang peserta dan semuanya menggunakan busana tenun daerah khas Buton. “Ada tim khusus sebesar 100 orang, tetapi juga ditambah dengan segenap jajaran Pemkot Baubau dan juga partisipasi warga Baubau yang hadir, sehingga hitungannya mencapai 300 orang lebih,” tandas Idrus Taufiq.

Kendati dalam jumlah besar, bahkan terbilang terbesar diantara semua kabupaten/kota termasuk jajaran instansi di lingkup Pemprop. Sultra, namun peserta pawai berjalan secara teratur yang bergerak stat dari belakang Taman Persatuan serta Finish di depan Kantor Walikota Kendari “semua berjalan tertib, menyita perhatian masyarakat Kota Kendari dan semoga bisa memberi hasil maksimal di penilaian juri HALO Sulra,” tandas Idrus.

Disebutkan, pawai Carnaval asal Baubau ini dipimpin La Ode Darussalam, S.Sos.M.Si – Kadis Pemuda dan Olahraga Kota Baubau dengan menampilkan putri sosok icon nenas sebagai salah satu simbol kebesaran masyarakat Buton secara universal, dan juga menampilkan duta-duta pariwisata Kota Baubau.

Saat diterima Pj. Gubernur Sultra, H. Teguh Setyabudi di tribun penghormatan, duta-duta pariwisata dan putri tenun Baubau sebagai perwakilan carnaval menyerahkan cenderamata berupa kerajinan kuningan “Kanturuna Wolio” dan Teko Kuningan, produks pengrajin Baubau yang dalam EKSPO semalam memang menyedot perhatian Gubernur.

“Sebagai bentuk penghormatan Pj. Walikota Baubau, Bapak Hado Hasina dan segenap masyarakatnya kepada gubernur sehingga disisipkan penyerahan cenderamata tersebut,” imbuh Idrus Taufiq.

Dalam kegiatan carnaval ini, tampak sejumlah pimpinan SKPD se Kota Baubau terlibat langsung sebagai peserta dan diperjalananan menyampaikan yele-yel berkaitan pembangunan dan kepemimpinan sebagai penambah spirit peserta pawai.