Garis Logo
images

Kota Baubau ‘Full Team’ di Rakernas APEKSI Semarang 2019

GELARAN Rapat Kerja Nasonal (Rakernas) Assosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) tahun 2019 yang digelar di Kota Semarang, 3-6 Juli 2019 diikuti oleh Kota Baubau sebagai satu-satunya utusan aktif Sulawesi Tenggara. Karenanya, kontingen Kota Baubau turun ‘full team’ di acara ini. Kota ini mengikuti segenap rangkaian acara; dari pawai budaya, hingga Expo City yang dipusatkan di Alun-alun Simpang Lima Kota Semarang, Jawa Tengah.

Dirilis Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Baubau – Drs. Sadarman, M.Si menyebutkan Kota Baubau dipimpin langsung Sekretaris Daerah, Dr. Roni Muhtar, M.Pd didampingi sejumlah pimpinan OPD dari Baubau.

Sebelum pawai digelar Sekda Roni Muhtar mengecek langsung kondisi pameran Expo City dan menyatakan bila Baubau tampil dengan kemasan lebih fresh di Rakernas APEKSI tahun 2019 ini. Khusus pameran, Baubau menampilkan paket produk UMKM dan tampilan kemajuan Kota Baubau melalui sistem elektronik, yang tak kalah bersaing dengan kota-kota lainnya di Indonesia.

Produk UMKM sendiri hingga hari kedua, telah laris manis diserbu pengunjung dari seperti sambal khas Kaholeo, panganan mete, hingga kampurui khas Buton, termasuk beberapa kerajinan tangan lainnya.

Atas kegiatan ini, Sekda Kota Baubau – Dr. Roni Muhtar, M.Pd menyampaikan apresiasi besarnya kepada tim Kota Baubau atas dedikasi besarnya di acara ini. “Rakernas APEKSI kali ini selain berartisipasi aktif, juga menjadi wadah pembelajaran bagi ASN Kota Baubau untuk bekerja dengan menyesuaikan diri pada perkembangan kemajuan teknologi yang ada. Setidaknya pemanfaat e-government harus bisa diterapkan demi kemudahan pelayanan kepada warga Kota Baubau,” tandas Sekda Roni Muhtar.

Sementara itu dari arena Pawai Budaya yang star dari pelataran Rujab Wali Kota Semarang, peserta pawai Kota Baubau disambut meriah peserta Rakernas dan pengunjung, kendati pawai baru berakhir jelang malam hari.

Dari ajang Rakernas APEKSI, acara dibuka langsung Mendagri Tjahjo Kumolo mewakili Presiden RI Ir. H. Joko Widodo yang diawali sambutan dari Ketua umum APEKSI, Airin Rachmi Diany, S.H., M.H., M.kn- yang dikenal sebagai Wali Kota Tanggerang Selatan.

Perempuan cantik kelahiran 28 Agustus 1976 menyampaikan kehadapan Mendagri dan sejumlah Menteri Negara, serta Gubernur Jawa Tengah – Ganjar Pranowo, bahwa Rakernas APEKSI kali ni diikuti 70 Kota di Indonesia, dengan total peserta kurang lebih 4 ribu orang.