Garis Logo
images

KPU BAUBAU DEKLARASI KAMPANYE DAMAI, PENDUKUNG PASLON TERTIB

Pagi di Hari Minggu, 18 Februari 2018 menjadi momentum tepat dilaksanakannya deklarasi kampanye damai yang berlangsung serentak di 171 daerah yang menggelar Pilkada, termasuk Kota Baubau yang dipusatkan di kawasan Stadion Betoambari, sementara di tingkat pusat secera simbolis dipusatkan di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Dipimpin Ketua KPU Baubau-Dian Anggraeni, S.Hut, deklarasi ini menghadirkan semua Pasangan calon, masing-masing pasangan Nomor urut 1, Hj. Roslina Rahim-La Ode Yasin (Rossy), pasangan nomor urut 2-pasangan Dr.H.AS.Tamrin,MH-La Ode Ahmad Monianse (Tampil Manis), pasangan nomor urut 3- pasangan Hj. Wd. Maasra Manarfa,S.Sos,M.Si-Ihsan Ismail, nomor urut 4-pasangan H. Yusrah Fahim, SE- Drs. Ahmad, MM (HYF-Ahmad), dan nomor urut5-pasangan, Drs.H.Ibrahim Marsela,MM-Ilyas (IBM Ilyas).

Sejatinya turut hadir di acara ini adalah Penjabat Wali Kota Baubau, Dr. Ir. H. Hado Hasina, MT namun mendadak harus ke Kendari seiring kehadiran Pj. Gubernur Sultra yang baru - Drs. Teguh Setyabudi MPd. yang juga Kepala BP-SDM Kemendagri. Karenanya diwakilkan kepada Sekot Baubau, Dr. Roni Muhtar, M.Pd dan segenap pimpinan kelembagaan Kota Baubau, intansi vertikal sipil dan militer. Tampak juga, anggota DPD-RI, Wa Ode Hamsina Bolu ikut terlihat di acara ini.

Dilaporkan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Baubau, H. Idrus Taufiq Saidi, S.Kom, M.So bahwa menjelaskan Deklarasi Kampanye Damai ini berisi komitmen bersama, masing-masing kontestan dan pendukungnya. Karenanya deklarasi ini secara serentak dibacakan masing-masing Paslon yaang dipandu Ketua Panwaslu Kota Baubau, Yusran Elfargani, SE.

Ada empat poin utama yang akan menjadi pesan dalam Deklarasi Kampanye Damai, masing-masing; Pertama, menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Kedua, menyatakan siap untuk kampanye tahun 2018 yang damai, demokrasi, dan mengedukasi dalam rangka mewujudkan kedaulatan Republik Indonesia.

Ketiga, menyatakan siap melaksanakan kampanye pemilu 2018 yang tanpa hoax, tanpa politisasi SARA, dan juga tanpa politik uang. Dan terakhir, menyatakan siap untuk tunduk dan patuh terhadap peraturan dan perundang-undangan yang berlaku,”

Ketua KPU Baubau saat memberikan sambutan menegaskan jika deklarasi ini jangan dianggap sebagai sebuah kegiatan seremonial belaka, tetapi komitmen bersama sebab esensi deklarasi ini adalah menghasilkan kepemimpinan yang berkualitas, serta suasana penyelenggaraan yang domokratis, kondusif dan memberikan nilai edukatif kepada publik.
Untuk memeriakan kegiatan ini, KPU Baubau memberi batasan bagi masing-masing Paslon dengan membawa maksimal 10 kendaraan roda empat dan, 50 orang tim sukses, termasuk mengundang sejumlah kelembagaan daerah menghadiri acara ini.

Sementara itu Penjabat Wali Kota Baubau, Dr. Ir. H. Hado Hasina, MT sebelum keberangkatannya ke Kendari dalam posisinya sebagai kepala daerah berharap agar Pemilukada Kota Baubau berjalan sebagaimana mestinya, penuh kedamaian, dalam susana kekeluargaan dan situasi demokratis.