Garis Logo
images

LOMBA INOVASI TEKNOLOGI TEPAT GUNA SE KOTA

Pemkot Baubau melalui Dinas Perindag Kota Baubau menggelar lomba inovasi dan kreasi teknologi tepat guna se Kota Baubau yang dipusatkan di Gedung Pancasila Rabu pagi ini, 4 April 2018.

Direleas Kepala Dinas Komunikssi dan Informatika Kota Baubau, H. Idrus Taufiq Saidi, S.Kom,M.Si bahwa lomba ini merupakan rangkaian persiapan mengikuti kejuaraan lomba inovasi teknologi tepat guna tingkat nasional yang akan digelar di Bali bulan mendatang yang diikuti segenap pelajar dan mahasiswa di kota ini.

Sekda Kota Baubau Dr. Roni Muhtar, M.Pd saat memberikan sambutan mewakili wali kota mengemukakan jika lomba ini merupakan sebuah kebanggaan dari kreativitas yang berujung pada inovasi sekaligus kebanggaan di even nasional nantinya.

Kata Sekda kegiatan ini untuk menginventarisasi hasil-hasil inovasi masyarakat, perguruan tinggi, dan pelajar. Inivasi itu dekat dengan kreativitas. "Kretivitas itu akan mempermudah kehidupan, hasilnya berbeda dengan sebelumnya, karena itu generasi muda mengembangkan hal ini, sebab ujungnya menghasilkan inovasi. Lembaga pendidikan harus jadi pionir, dan harus ada geliat kreativias," ujar doktor alumni Universitas Negeri Jakarta ini.

"Menurut sekda, hadiahnya harus lebih besar dari 3 juta, dan tahun depan harus minimal 10 juta. Ini bagian dari upaya membangun kualitas SDM yang berdampak pula pada kesejahteraan masyarakat," imbuhnya.

Hasil inovasi ini juga kata Sekda harus digaungkan dan melibatkan pihak badan riset dan litbang agar terjadi kolaboratif yang baik. "Jangan berpikir parsial, tapi holistik untuk membangun sebuah peradaban. Harus HITS, holitistik, integratif, tematik, spasial, semua harus dikoneksikan dengan semua pihak, sebagaimana konsep sodamparagigi dari wali kota," ujar peraih Anugerah Pangripta Utama saat menjadi Kepala Bappeda Kota Baubau ini.

Disampaikan pula, bahwa inovasi-inovasi ini diperuntukkan pula pada hasil kekayaan dan kearifan lokal yang ada di Buton sehingga benar-benar berdampak pada kesejahteraan.