Garis Logo
images

PRAKONGRES JKPI, ULTAH WALIKOTA DAN PENGHARGAAN MEDIA

Senin, 20 November 2017 pagi, di Salsa Resort Baubau tentu menjadi hari membahagiakan bagi seorang Walikota Baubau, Dr. H.AS. Tamrin, MH, setidaknya hari ini adalah ulang tahunnya yang ke 65 di saat ia menjadi tuan rumah penyelenggaraan Prakongres Jaringan Kota Pusaka Indonesia, sekaligus hari ini menerima langsung penghargaan tokoh inovasi pembagunan budaya dan Niaga Kendari Pos 2017, sebuah penghargaan khusus Media Kendari Pos diusianya yang ke-22 tahun kepada tokoh-tokoh di Sulawesi Tenggara.

Penghargaan yang diterima AS Tamrin ini, adalah satu diantara 31 orang tokoh terpilih Kendari Pos, dan khusus buat walikota Baubau ini diberikan pada visi kepemimpinannya yang kuat di bidang pembangunan budaya lokal dan perekonomian, sebagaimana 2 dari 4 pilar pembangunan yang dicanangkan kepemimpinan ‘Tampil Mesra’.

Penghargaan dari Kendari Pos ini diwakilkan kepada Kadis Komunikasi dan Infomatika Kota Baubau, H. Idrus Taufiq Saidi, S.Kom., M.Si untuk diserahkan kepada Walikota AS Tamrin, dihadapan peserta Prakongres JKPI di Baubau siang ini, bersamaan pula dengan perayaan ulang tahunnya. “Alhamdulillah, saya teramat bersyukur atas anugerah dan kebahagiaan di hari ini, di usia saya yang ke 65 tahun, dan saya niatkan semuanya untuk kepentingan masyarakat Baubau, kepentingan nilai-nilai budaya Buton dan kepentingan penyelenggaraan masyarakat Kota Pusaka Indonesia,” papar Tamrin, diperayaan Ultahnya.

Ungkapan AS Tamrin ini cukup berdasar, mengingat posisinya sebagai Walikota Baubau dan Presidium JKPI Pusat. Bahkan dalam sambutannya ketika membuka Prakongres, ia meminta seluruh daerah-daerah di Indonesia yang memiliki potensi warisan pusaka kesejarahan untuk terus menata daerah masing-masing, agar Indonesia semakin mendunia dengan warisan kesejarahan yang dimiliki.

Berkaitan dengan Prakongres ini, AS Tamrin mengingatkan kepada 66 daerah anggota JKPI termasuk dua tambahan dari Pasuruan dan Belitung Timur, diminta untuk mempersiapkan diri mengikuti Kongres Besar di Solo tahun 2018 termasuk terlibat aktif dalam segala kegiatan yang dikoordinir Direktur Eksekutif JKPI, Ir. H. Asfrinal.

Asfrinal yang memimpin jalannya sidang mendampingi As Tamrin dalam posisinya selaku Presidium JKPI banyak membahas tentang perluasan kinerja lembaga, partisipasi di Kongres Besar yang direncanakan dihadiri Presiden Joko Widodo dan pemetaan potensi kepusakaan masing-masing anggota, serta kemitraan dengan pihak kementerian pariwisata dan kebudayaan RI.

Acara prakongres ini berlangsung hikmad dan menggembirakan di tengah kegembiraan AS Tamrin berulang tahun dan penghargaan yang diterimanya. Ia mendapat ucapan selamat dari sejumlah Bupati dan walikota yang hadir serta perwakilan 66 anggota JKPI dan peserta kongres lainnya.

Khusus kepada masyarakat Kota Baubau, AS Tamrin berpesan untuk terus mengedepankan nilai-nilai budaya kebutonan dalam prilaku kehidupan keseharaian, menjaga persatuan dan kesatuan, mengedepankan hubungan silaturrahim. “Mari tetap bersama-sama, saling menghargai, menghormati, saling mengangkat, dan tepa seliro sebagaimana nilai-nilain dari Po-5,” ujarnya.**

Sumber : https://web.facebook.com/PemkotBaubau