Garis Logo
images

Ribuan Warga Sambut Husni Uba, Pahlawan Emas Asian Games Asal Baubau

Belakangan ini prestasi terus tertoreh di bumi Khalifatul Khamis Kota Baubau, warganya kerap menghasilkan sesuatu yang selalu membanggakan nama daerah, bahkan bangsa dan negara. Tak tanggung-tanggung di pentas Internasional. Seperti seorang Husni Uba, peraih medali Emas Sepak Takraw Asian Games 2018 pada jenis Mens Quadrants dan dua perunggu di jenis perorangan dan beregu. Husni Uba menoreh 3 medali sekaligus, 1 emas dan 2 perunggu.

Dirilis Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Baubau, H. Idrus Taufiq Saidi, S.Kom., M.Si dari laporan Kadis Pemuda dan Olah Raga Kota Baubau La Ode Darussalam, S.Sos, M.Si bahwa penyambutan Husni Uba yang dikenal sebagai staf Pemkot Baubau pada Dinas Pemuda dan Olahraga telah dipersiapkan pihak Pemkot Baubau sejak Husni Uba tampil ke podium emas dan melakukan penghormatan pada kibaran Merah Putih dan Lagu Indonesia Raya.

Karenanya, setiba di Baubau dengan Pesawat Garuda Indonesia pukul 09.00 Wita di Bandara Betoambari, Husni Uba langsung disambut Ketua Umum KONI Baubau sekaligus Wali Kota Baubau terpilih 2018-2023, Dr. H. AS. Tamrin, M.H. ia dikalungkan setangan kain Buton dan ucapan selamat dan rasa haru.

Husni Uba juga tampak berkaca-kaca. Tak menyangka ia disambut sebegitu meriahnya. Ada tarian Lawati juga arak-arakan sepanjang jalan protokol di kota ini. Husni Uba benar-benar Pahlawan Olah Raga Indonesia di uisanya yang tak lagi belia, 36 tahun. Bahkan 10 tahun silam, staf ASN golongan III/a ini pernah meraih predikat Smesher Terbaik Dunia tahun 2007 dari Indonesia.

Sebagai seorang yang telah mengharumkan nama bangsa dan negara, Husni disambut secara protokoler Pemkot Baubau dan dijamu langsung oleh pemerintah dipimpin Sekretaris Daerah, Dr. Roni Muhtar, M.Pd mewakli Penjabat Wali Kota Baubau, Dr. Ir. H. Hado Hasina, MT. Dandim 1413 Buton Letkol Davi Darma Putera dan ibu juga tampak hadir bersama perwakilan Forkompimda, dan sgenap pimpinan OPD di Kota Baubau.

La Ode Darussalam, Kadispora yang bertndak sebagai Master Ceremony, tak kuasa meluapkan kegembiraannya atas prestasi stafnya itu. Ia menyebut kepulangan Husni di kotanya punya makna khusus karena bertepatan dengan Hari Olah raga Nasional, 9 Septermber 2018, hari ini.

Dalam kata pesan kesannya, Husni Uba mengucapkan terima kasih dan apresiasi besarnya kepada semua pihak atas doa, dukungan, dan perhatian, sehingga ia mampu menyumbangkan 1 Medali Emas dan 2 Medali Perunggu bagi Indonesia di Pentas Asian Games 2018. Juga kepada para pemerintah, pelatih, keluarga, dan anak binaannya di cabang Sepak Takraw kota Baubau yang disebutnya CST Baubau.

“Prestasi ini kupersembahkan untuk semua warga Kota Baubau dan Indonesia. Saya berharap prestasi ini dilanjutkan oleh adik-adik saya,” sergah Husni Uba.

Setali tiga uang, Dr. H. AS. Tamrin, MH, dalam kapasitasnya sebagai Ketua Umum KONI Baubau mengaku begitu terharu dan berbangga atas prestasi Husni. Ia berharap Husni mampu menjadi inspirasi bagi peningkatan prestasi dunia olah raga Kota Baubau. Ia juga mengajak, prestasi itu tak berhenti di tangan Husni, tetapi dilanjutkan oleh juniornya. “Husni juga tak sekedar sebagai atlet, tetapi juga bia menjadi pelatih berkelas internasonal, maka latihlah adik-adikmu, begitu pula cabang olah raga lainnya, Husni adalah momentum peningkatan prestasi, sebab tidak lama lagi kita akan menghadapi Porprov 2018 di Kabupaten Kolaka,” tandas AS. Tamrin.

Sebagai apresiasi, KONI menyerahkan Bonus sebesar Rp. 50 juta bagi Husni Uba menrut AS. Tamrin, jangan dilihat besaranannya., tetapi keikhlasan dan keberkahaan dari apresiasi yang diberikan semua pihak.

Sementara itu Pj. Wali Kota Baubau melalui Sekda Dr. Roni Muhtar, M.Pd dalam sambutran singkatnya mengucapkan penghargaan besar kepada Husni Uba yang telah membanggakan nama daerah. “Husni adalah pahlawan olahraga kita, dan pak Tamrin telah memberi inspirasi, jika prestasi Husni menjadi momentum memajukan Olah Raga Kota Baubau. Pemkot Baubau berkomitmen penuh memberi dukungan penuh bagi pembinaan oleh raga di kota ini,” tandasanya.

Sekda Roni Muhtar juga ikut menyerahkan bonus sebesar Rp. 30 juta buat Husni yang berasal dari modal ‘sodam paragigi’ para pemerhati olah raga di kota ini.

Husni benar-benar membanggakan, banyak orang mengabadikan Husni dalam foto bersama medali-medalinya. Selamat dan Sukses Husni Uba!