Garis Logo
images

Sosialisasi Arah Kebijakan Pengembangan e-Government Pemerintah Kota Baubau

Pemerintah Kota Baubau melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Baubau, Senin Pagi ini (4/12) di Hotel Mira Baubau menggelar sosialisasi Arah Kebijakan Pengembangan E-Goverment yang dibuka langsung Walikota Baubau, Dr. H.AS.Tamrin, MH didampingi Asisten II Setda Kota Baubau, Moh. Amsir Afie, S.Sos, M.Si.

Kadis Komunikasi dan Informatika, H. Idrus Taufiq Saidi, S.Kom.,M.Si saat melaporkan kegiatan dihadapan walikota mengemukakan jika kegiatan ini bertujuan meningkat pemahaman bagi pengelolaaan fasilitas pemerintahan berbasis elektronik (e-goverment) yang saat ini telah menjadi kebutuhan vital dalam pelayanan pemerintahan kepada publik,

“Termasuk memerankan semua fasilitas-fasilitas teknologi berupa aplikasi-aplikasi yang sementara dibangun, kita juga mendorong pada masing-masing SKPD untuk membuat aplikasi sesuai dengan kebutuhan kerjanya namun tetap dikoordinasikan dengan Dinas Komunikasi dan Informatika, sehingga kedepannya semua aplikasi yang dibuat dapat terkoneksi ke satu server yang menjadi tanggungjawab kami ,” papar H. Idru.

Sementara itu Walikota Baubau Dr. H. AS.Tamrin, MH dalam sambutannya menyampaikan apresiasi berkaitan dengan perubahan perspektif paradigma bekerja di lintas pemerintahan. “Kita tidak berada lagi di dunia manual, tetapi sudah bergerak ke e-goverment dengan mengandalkan kemampuan teknologi informasi.

Perkembangan teknologi informasi tersebut diterapkan dalam bentuk penyelenggaraan pemerintahan agar publik dapat mengetahui dan mengawasi kinerja pemerintah dalam rangka mewujudkan good governance. Salah satu bentuk dari penyelenggaran pemerintahan dengan penggunaan suatu sistem manajemen yang berbasis teknologi, yang populer disebut dengan e-government. Intinya pengelolaan pemerintahan berbasis teknologi,” papar walikota.

Karena itu kata AS Tamrin, menunjang itu dibutuhkan kemampuan SDM, sarana prasarana pendukung, pengelolaan data yang canggih dan berstandar, serta sistem yang terukur. “Karenanya Kominfo harus bisa lebih memahami, mensosialisasikan kepada publik secara makro, agar teknologi informasi di kota ini bisa lebih baik,” jelasnya sembari mengemukakan beberapa contoh seperti e-katalog, e-planning, e-commerse, e-transportation dan lain sebagainya.

Khusus kepada peserta sosialisasi walikota meminta untuk lebih serius, tidak acuh tak acuh dengan kegiatan ini, agar benar-benar bermanfaat kepada masyarakat. “Intinya kita ini penyambung, tidak sekedaa operator sehingga materi hari ini bisa terserap dengan baik,” imbuhnya.

Acara yang ini diikuti oleh segenap perwakilan SKPD lingkup Pemerintah Kota Baubau akan mendapat materi dari Kadis Komunikasi dan Informatika Koata Baubau, pihak Bappeda Kota Baubau, dan Dinas Kominfo.**