Garis Logo
images

SOSIALISASI KEPENDUDUKAN, PEMKOT HADIRKAN DIRJEN DUKCAPIL

Persoalan dokumen kependudukan memang menjadi persoalan serius pemerintah, di pusat hingga ke daerah. Karena pemahaman ini penting diketahui oleh seluruh penyelenggara pemerintahan, tak terkecuali di tingkat RT/RW yang menjadi ujung tombak penyelenggaraan pemerintahan.

Hal ini ditegaskan Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kementerian dalam Negeri RI, Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh,SH.MH, yang sengaja dihadirkan Pemkot Baubau sebagai pembicara utama di sosialisasi sistem administrasi kependudukan dan pencatatan sipil serta pemanfaatannya, yang digelar Jumat Pagi ini (8/12) di Palagimata-Baubau.

“tematik persoalan kita adalah pemahaman arti pentingnya administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, juga pemahaman pada beberapa perubahan mendasar dari UU No.23 tahun 2006 dengan diberlakukannya UU No.24 tahun 2013. Kita harus tertib data base kependudukan, tertib penertiban NIK dan tertib penertiban Dokumen kependudukan, seperti KK, KTP, dan akta pencatatan sipil,” kata Dirjen.

Oleh karena itu Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh,SH.MH selaku pihak yang paling berwenang di oersoalan ini merespon positif rencana Pemkot Baubau membentuk Forum RT/RW. “hal-hal teknis tentu akan banyak terungkap dalam forum, dan forum ikut terlibat memberi solusi, semoga Kota Baubau bisa menjadi contoh bagi daerah lainnya,” jelas Dirjen sambil membahas banyak hal teknis di persoalan Dukcapil ini.

Sementara itu Walikota Baubau Dr. H.AS. Tamrin, MH dalam sambutannya ikut menegaskan jika forum RT/RW ke depan mendorong hadirnya pemahaman masyarakat terhadap pentingnya data kependudukan dan pemanfaatannya, yang selama ini menjadi penyebab kritikan, sorotan, dan keluhan dalam proses pengurusan administrasi kependudukan tersebut.

“Khusus untuk rencana pembentukan forum RT/RW ini se Kota Baubau, bagi dinas Dukcapil menjadi tonggak sejarah menuju masyarakat yang mandiri dan berkeadilan. Saudara-saudara nantinya adalah pejuang kemanusiaan yang dengan bangga dan tulus mengabdikan diri untuk memberikan pelayanan prima secara pmenyeluruh kepada masyarakat,” pesan walikota.

Hal lain kata walikota, peningkatan pelayanan dokumen kependudukan ini berorientasi pada paradigma berfikir efektif dan efisien yang dilaksanakan secara berjenjang dan terstrujtur, sehubungan dengan dinamika masyarakat yang senantiasa berubah.

“Karena itu, forum ini bisa menghasilkan rekomendasi yang dijadikan acuan ketika mennyampaikan informasi tentang kependudukan pada lingkungan masing-masing. Ketahuilah perjalanan kita masih panjang, tugas belum tuntas dan tantangan ke depan makin komplek,” kata AS Tamrin.

Berkaitan dengan kehadiran Dirjen Dukcapil, Walikota atas nama masyarakat Kota Baubau menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya. “Daerah lain, sosialisasinya mungkin hanya diantara mereka saja, di Baubau Dirjen bisa hadir langsung, kita belajar dan mendengar langsung, banyak persoalan teknis yang terjawab. Oleh karena itu kami menyampaikan apresiasi yang besar kepada Bapak Dirjen yang berkenan hadir di kota kami,” imbuh Walikota.

Acara yang dihadiri ratusan RT-RW se Kota Baubau berlangsung dalam suasana keakraban, dan penuh dinamika. Sejumlah pejabat daerah juga takmpak hadir menyimak penjelasan teknis Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian dalam Negeri RI, Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh,SH.MH.