Garis Logo
images

TIM LITBANG BAUBAU SERAP INFORMASI DARI INSTITUSI PUSAT HINGGA KE DIASPORA BUTON DI JAKARTA

Guna melahirkan Rencana Induk Kelitbangan (RIK) berkaitan penajaman isu-su strategis pola dan Rencana Pembangunan Jangka Pendek dan Menegah (RPJM) d Kota Baubau, maka pihak Badan Penelitian dan Pengembangan (Libbang) Kota Baubau dengan menggandeng organisasi-organisasi kelitbangan seperti Tim Pengendali Mutu (TPM) dan Badan Pertimbangan (BP) Litbang melakukan road show ke ibukota guna menemukan formulasi dari mapping problem dari kebijakan pembangunan di Kota Baubau di masa mendatang.

Tim kelitbangan dipimpin Kepala Badan Litbang Kota Baubau, Drs. Mustafa Zain, Msi didampingi Drs. H. Hasidin Sadif, M.Sc (tokoh masyarakat); Drs. Suriadi, M.Si (Rektor Universitas Muhammadiyah Buton); Ade Muftin (Praktisi Sosial Budaya Buton di Jakarta) Dr. La Ode Saiful Islami, M.Si (ahli Administrasi Publik-Unidayan Bau-Bau), Dr. Marsudi, M.Si (Ahli Kesejahteraan Sosial-birokrasi Pemkot Baubau) dan Dr. Hamzah, M.I.Kom (Ahli Komunikasi-Birokrasi Pemkot Baubau)

Lembaga-lembaga pusat yang disasar untuk penajaman program ini masing-masing Badan Libang Kementerian Dalam Negeri RI, Dewan Riset Nasional (DRN), Direktorat Jenderal Riset dan Pengembangan Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi dan terakhir Diaspora Masyarakat Buton di Jakarta dengan melakukan pertemuan di gedung DPD-RI. Penajaman program ini dilaksanakan full dua hari, sejak selasa hingga rabu kemarin (27-28 Maret).

Di Kantor Badan Litbang Kementerian Depdagri, tim diterima Kabag Perencanaan Hukum dan Perundang-undangan Libtang Kemendagri; Elisabeth Eni PL, S.Pi sekaligus diskusi bersama dengan Litbang Prov Lampung dan Sulawesi Tengah membahas isu-isu penguatan Litbang Daerah dengan pemberdayaan fungsi tenaga peneliti; pengangkatan tenaga dan penyesuaian program yang bersesuaian dari pusat hingga daerah, termasuk berkaitan kebijakan penganggaran pusat ke daerah, serta regulai berkaitan arah dan kebijakan pembangunan di daerah.

Dari Badan Litbang; tim selanjutnya menuju ke Dewan Riset Nasional (DRN) diterima langsung Ketua Dewan Risten Nasional; Dr. Ir. Bambang Setiadi, IPU dan Sekretaris Jenderal DRN, Dr.Ir. Iding Chaidir, yang banyak membahas tentang keberpihakan pihak DRN dengan potensi dan kekuatan sumber daya yang dimiliki Kota Baubau, sebagai kota dengan simbul dagang, jasa dan pariwisata di Sulawesi Tenggara.

Pihak Dewan Riset Nasional meminta agar Kota Baubau membentuk Dewan Riset Daerah selanjutnya berjanji akan ke Kota Baubau melakukan pemetaan berkaitan potensi daerah yang akan dijadikan isu nasional bersama dengan para pengambil kebijakan, sekalgus usulan yang masuk akan di presentasikan pihak DRN kehadapan Presiden Joko Widodo berkaitan dengan sumberdaya yang dimiliki Kota Baubau dan Buton pada umumnya.

Kepala Badan Litbang Kota Baubau Mustafa Zain memaparkan 5 isu strategis Kota Baubau masing-masing; Baubau sebagai Kota Dagang dan Jasa; potensi perikanan dan kelautan; potensi pertanian dan peternakan; potensi budaya dan pariwisata; serta kekuatan infrastruktur Kota Baubau yang terbilang cukup memadai seperti Pelabuhan Nasional dan Bandar Udara.

Ketua Dewan Riset Nasional, Dr. Ir. Bambang Setiadi, IPU meminta agar daerah termasuk Kota Baubau dalam membuat kebijakan awal didahulu dengan penelitian, meski begitu berharap agar Riset yang dilakukan tidak hanya menghasilkan kajhian teoritik tetapi diarahkan pada aplikasi inovatif, yang berbasis pasar; selanjutnya melibatkan pihak swasta dengan sistem inovasi daerah.
“Insha Allah. Kami akan ke Baubau bersama dengan kepala derah akan melakukan presentasi berkaitan dengan hal tersebut, dan hasil-hasilnya menjadi isu strategis nasional,” tandas Dr. Bambang.

Usai pertemuan dengan pihak DRN, pada sore hingga malam hari Tim Kelitbangan Baubau kemudian diterima langsung Dirjen Riset dan Pengembangan Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi RI, Dr. Muhammad Dimyati. Pada kesempatan ini Dirjen membuka diri berkaitan upaya-upoya strategis dan dukungan Kementrian Riset dan Dikti berkait pembahasan mengenai Rencana Induk Kelitbangan (RIK) dan Rencana Induk Riset Nasional (RIRN) yang diarahkan untuk kepentingan riset di Kota Baubau, sekaligus meminta untuk ditindaklanjuti.

Pada keesokan harinya; sebagai upaya untuk menyerap informasi dan aspirasi berkaitan penajaman program pembangunan Kota Baubau, tim juga melakukan pertemuan dengan Diaspora Masyarakat Buton di Jakarta. Pertemuan dilakukan digedung Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI difasilitasi Ir. Wa Ode Hamsina Bolu, M.Sc – anggota DPD RI asal Sulawesi Tenggara. Juga menghadirkan Direktur Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP-IPTEK) kemeterian Riset dan Dikti RI, Ir. Moch. Syachrial Anas MM yang juga putra, almarhum Zua Fasihu, serta sejumlah akademisi dan masyarakat Buton di Jakarta. Dihadiri pula Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Baubau, H. Idrus Taufiq Saidi, S.Kom., M.Si.

Harapan besar terungkap dari pertemuan ini sekaligus masing-masing diaspora Buton mengusulkan sejumlah data dan program untuk kemajuan Kota Baubau di masa mendatang.