Garis Logo
images

WALI KOTA HADIRI PARIPURNA PROLEGDA DPRD BAUBAU

Setalah menjadi saksi kegiatan pelantikan PPK dan PPS se Kota Baubau yang diselenggarakan KPU Kota Baubau, wali kota Dr. Ir. H. Hado Hasina, MT langsung menuju gedung Dewan mengikuti Rapat Paripurna DPRD Kota Baubau berkaitan denganpembahasan dan penetapan sejumlah Raperda di tahun 2018.

Sidang yang dipimpin wakil ketua Aris Marwan Saputera,SH ini berjalan dalam suasana tenang tanpa ada instruksi. Selanjutnya mendengarkan laporan ketia Balegda DPRD Kota Baubau.

Harmin, SH Ketua Badan legislasi daerah (Balegda) DPRD Kota Baubau membacakan laporan hasil kerja tentang pembentukan program (Propem) Perda 2018, jika sebenarnya harus dibuat lebih awal sebelum penyusunan Perda APBD 2018. Beberapa usulan yang masuk dalam propemda tersebut dan disepakati agar Perda terukur dan sistematis, tidak mengejar kuantitas tetapi bersesuaian dengan kebutuhan masyarakat.

Berkaitan dengan upaya melahirkan Perda baru harus diikuti dengan kajian naskah yang lengkap. Sementara pembahasan mengenai Raperda diusulkan beberpa diantaranya adalah inisatif DPRD berkaitan dengan Perda standar pelayanan minimun.

Selain itunjuga usulan dari pihak Pemkot mengusulkan pencabutan beberapq Perda diantaranya berkaitan dengan pajak air dan tanah, pencabutan Perda pajak mineral bukan logam dan batuan, perda tentang izin gangguan, dan reribusi izin gangguan, pencabutan perda tentang retribusi pengantian biaya cetak KTP dan KK, termasuk Perda berkaitan retribusi pelayaanan kesehatan di RSUD, fasilitas prasarana olah raga dan rekreasi, Pencabutan tentang Perda Penyidik PPNS dan Perda tentang usaha keperiwisataan.

Hal yang dibahas dan ditetapkan berkaitan dengan RAPBD 2018 dan perubahan APBD sebagai Raperda kumulatif terbuka.

Paripurna ini dihadiri segenap anggota Forkopimda dan pimpinan SKPD se Kota Baubau.