Garis Logo
images

WALI KOTA HADO HASINA LANTIK 8 PEJABAT PEMKOT BAUBAU

Tepat lima bulan kepemimpinan sebagai Penjabat Wali Kota Baubau, Dr. Ir. H. Hado Hasina, MT mengambil langkah strategis dengan melakukan penyegaran pejabat di jajarannya. Untuk kali pertama ini Hado melantik 8 orang pejabat, dan yang paling menarik perhatian publik, Hado menggeser posisi Muh. Salim S.Pd, ST, MT yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum menjadi Staf Ahli Wali Kota Bidang Ekonomi dan Pembangunan. Posisi jabatan Kadis PU menjadi lowong kemudian ‘dirangkap’ Armin, SE., M.Si, yang juga asisten III Setda Kota Baubau.

Pejabat lainnya yang ikut dilantik, masing-masing Wa Ode Hawayat Djafar S.Sos yang dipromosi menjadi Sekretaris Dinas Perikanan Kota Baubau. Hawayat sebelumnya adalah Kepala Bidang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Anak Dinas Pemberdayaan Perempuan dan perlindungan Anak Kota Baubau. Selain itu terdapat nama Dr. Hamsah, ST,MT yang menjabat Inspektur Wilayah III Inspektorat Kota Baubau, sebelumnya adalah kasubag Perencanaan, Keuangan dan Evaluasi Inspektorat Kota Baubau.

Berikutnya, Saharuddin Dangga, SH., M.Si dilantik menjadi Kabid Pelayanan Pendaftaram penduduk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Baubau. Sebelumnya Saharuddin menjabat Kasi Pindah Datang Penduduk di dinas tersebut. Di posisi ini Saharuddin digantikan Andi Musyafir Sultan, S.Sos yang bergeser posisi dari posisn sebagai Kasi Perkawinan dan Perceraian Dukcapil Kota Baubau. Berkaitan jabatan yang ditinggalkan Andi Musyafir, digantikan 
Wa Ode Annas Rezkiah, SH yang di promosi menjadi Kepala Seksi Perkawinan dan Perceraian Dinas Dukcapil Kota Baubau, yang sebelumnya adalah pelaksana pada Badan pengelolah keuangan Aset, dan Pendapatan Kota Baubau. Sementara nama

Selanjutnya terdapat nama Rahmat Maulana, SH yang sebelumnya Kabid Pelayanan Pendafatran Dukcapil Kota Baubau bergeser menjadi Kabid Prasarana, sarana dan Utilitas Umum Dinas perumahan Rakyat dan kawasan Pemukiman Kota Baubau. Satu lagi nama yang ikut dalam pergeseran posisi ini adalah Nina Hasyim di Inspektorat Kota Baubau.

Wali Kota Hado Hasina saat memberikan sambutan jika promosi, mutasi dan demosi adalah bagian dari poses penyegaran jalannya pelayanan pemerintahan di Kota Baubau, yang merupakan kali pertama dilakukanya sebagai kepala daerah. Ia hanya mengingatkan jajarannya jika proses Pilkada kurang lebih sebulan lagi, sehingga ia memgigatkan jajarannya untuk bekerja keras, dan profesional menghadapi semua sistem dan intensitas pekerjaan yang terus meningkat. “Pun jika terjadi demosi itu hanya untuk meningkatkan produktivitas dan semangat. Itupun demosi jika terjadi karena ada penyebab, ada jika terjadi pelanggaran,” tegas Hado Hasina.

Kepada segenap jajarannya ia mengingaktakn auntuk tetap menjadi manjer yang baik, sebab pemimpin itu hanya satu, sementara yang lainnya patuh dan taat dengan sistem. Karenanya pada pelantikan ini Hado Hasina banyak mengurai tentang konsep-konsep kepemimpinan dan managerial termasuk hubungannya dengan kepemimpinan khas Buton dan tanggung jawab berat sebagai pemimpin.

“Kullukum ra’ing wakullukum ra’ing, masulun ar-raiyatihi” tiap tiap kita adalah pemimpin yang akan dimintai pertanggung jawabannya,” ungkap Hado Hasina mengutip hadist Nabi berkaitan dengan kepemimpinan tersebut. Usai memberikan sambutan Hado kemudian menyerahkan SK Pelaksana Tugas Dinas PU kepada Armin, SE, M.Si.. acara pelantikan dan penyerahan SK ini dihadiri langsung Sekda Kota Baubau, Dr. Roni Muhtar, M.Pd dan segenap pimpinan SKPD lingkup Pemkot Baubau.