Garis Logo
images

WALIKOTA HADO HASINA LEPAS SAMBUT KETUA PENGADILAN AGAMA DAN PAPARKAN PROGRAM PEMBANGUNAN

Penjabat Wali Kota Baubau, Dr. Ir. Hado Hasina, MT terus memaparkan segala konsep dan program-programnya kepada siapapun yang hadir di kota ini. Tak terkecuali di acara pisah sambut Ketua Pengadilan Agama Baubau pada Kamis malam ini (15/3) di pelataran Rujab Wali Kota Baubau; dari pejabat lama Dr. H. Hasby, MH yang beralih menjadi Ketua Pengadilan Agama Kelas IA Bone, digantikan Muh. Arif, S.Ag, MH yang sebelumnya menjabat ketua Pengadilan Agama Andolo di Konawe Selatan.

Wali Kota Hado Hasina, memaparkan tentang sejumlah konsep kepemimpinannya, yang menyatakan jika Kota Baubau ingin menjadi lebih baik, sebaiknya mencontoh warisan leluhur, khususnya warisan Kesultanan Buton yang menguatkan ikatan silaturrahim sebagai cerminan dan ciri khas kepemimpinan di Buton yang dimasa kerajaan dulu disebut Sarana Wolio atau Siolimbona.

Berkaitan dengan itu, Hado Hasina juga menjelaskan jika pemimpin itu hanya satu yakni dalam hal ini wali kota sebagai pemimpin lahiriah dan Sara Ogena sebagai pemimpin batiniah. Konsep pemimpin Batiniah ini mengandung makna tentang kelembagaan-kelembagaan keagaamaan di masa sekarang yang menjadi bagian dari forum kepemimpinan daerah. Karena iu ia mengucapkan selamat datang kepada bapak Muh. Arif sekaligus bertugas sesuai bidang masing-masing.

Banyak hal yang diuraikan Wali Kota Hado Hasina berkaitan program pembangunan yang disebutnya dengan RPJMD Transisinya; salah satunya tentang pengaturan arus lalu lintas di kota ini dengan sistem “one way street”, sementara untuk perparkiram akan mengupayakan pengaturan parkir Non Tunai dengan penggunaan Sim Card Parkir. Hal ini berkaitan dengan kemacetan di beberapa ruas jalan di kawasan perkotaan.

Pada kesempatan ini pula wali kota sempat menceritakan nostalgia perjalanan hidupnya dari masa kecil hingga sekarang ini, sebagai ungkapan cerita balasan dari kedua ketua Pengadilan Agama yang pisah sambut malam ini.

Sementara itu Dr. Hasby selaku Ketua Pengadilan Agama Baubau yang akan segera menuju ke Bone mengucapkan apresiasi yang besar kepada pihak Pemkot baubau dan jajarannya termasuk segenap pimpinan Forkopimda di kota ini, atas segala bentuk kerjasama selama ia bertugas di Baubau. Menurut Hakim Agama ini, bahwa peradaban yang selama ii terbangun di Baubau merupakan motivasi dan spritnya selama bertugas.

“Apalagi pembangunan di Baubau tidak hanya di sektor fisik tetapi juga silaturrahim; agamis; peradaban yang merupakan budaya asih begitu sangat terpelihara dengan baik. Pemerintahnya begitu besar perhatiannya dengan psegenap paguyuban secara adil dan merata, dengan menerima semua etnis sebagai saudara,” ujar Hasby.

Ditambahkan doktor ilmu hukum Islam yang juga dikenal sebagai pendakwah ini; bahwa Kota Baubau adalah kota yang sangat menghargai perbedaan; kota yang selalu kompak semua Forkopimdanya; para kadisnya; karena itu saya benar-benar merasa bukan sebagai pendatang tetapi merasa sebagai keluarga. Oleh karena itu izinkan saya secara takzim menyampaikan rasa terima kasih yang tiada terhingga selama bertugas di kota ini,” papar Hasby mendapat Aplaus para undangan.