Garis Logo

GAMBARAN UMUM

Kota Baubau berada di Pulau Buton yang terletak di sebelah tenggara jazirah Pulau Sulawesi. Pulau ini diapit oleh lautan, yaitu Laut Banda di sebelah utara dan timur, kemudian Laut Flores di sebelah selatannya, sedangkan di sebelah barat terdapat Selat Buton dan Teluk Bone  (Lihat Gambar 1. Peta Keletakan Pulau Buton).

Dari sisi letak secara nasional, Kota Baubau merupakan kota yang memiliki letak strategis. Kota Baubau adalah daerah penghubung (connecting area) antara Kawasan Barat Indonesia (KBI) dengan Kawasan Timur Indonesia (KTI). Selain itu bagi masyarakat daerah hinterlandnya (Kabupaten Buton, Kabupaten Muna, Kabupaten Wakatobi, Kabupaten Bombana, Kabupaten Buton Tengah dan Kabupaten Buton Selatan), Kota Baubau berperan sebagai daerah akumulator hasil produksi dan distributor kebutuhan daerah tersebut. Kota Baubau yang berada pada Selat Baubau dan merupakan mulut Tenggara dari wilayah Laut Teluk Bone berada pada pergeseran titik episentrum ekonomi kelautan kawasan pasifik sebagai masa depan bagi pertumbuhan kawasan Timur Indonesia.

Dalam rangka desentralisasi wewenang (otonomi daerah), maka pembangunan Kota Baubau berbasis kepulauan untuk membangun masa depan dengan memanfaatkan nilai strategis Kota Baubau yang terletak pada Kawasan Wallacea dan pusat segitiga karang dunia (coral triangle). Posisi geografis yang stategis ini juga menjadikan Baubau memiliki peranan  penting dalam jalur pelayaran nasional dan berkembang sebagai pusat aktifitas penduduk terutama di sektor perdagangan dan jasa. Pelabuhan di kota ini berfungsi sebagai jalur transit atau persinggahan yang menghubungkan jalur pelayaran antara Makassar, Maluku dan Papua. Bahkan peranannya sebagai pelabuhan transit telah berlangsung sejak abad 16 pada masa Kesultanan Buton.

  • Karakteristik Fisik

Karakteristik fisik diuraikan dalam bentuk penjelasan karakteristik fisik dasar Kota Baubau sebagai bagian tinjauan fisik kota sebagai rujukan dalam pengambilan kebijakan yang akan mempengaruhi tata ruang kota dimasa mendatang.

  • Letak Geografis dan Wilayah Aministrasi

Kota Baubau secara geografis terletak di bagian Selatan Propinsi Sulawesi Tenggara yang berupa wilayah kepulauan. Kota Baubau berada di Pulau Buton, terletak pada 5021’ - 5030’ LS dan diantara 122030’ – 122045’ BT. Kota Baubau terletak pada Selat Buton yang mempunyai aktifitas kelautan yang sangat tinggi dan dikelilingi oleh kecamatan-kecamatan dari beberapa kabupaten yakni Kabupaten Buton, Kabupaten Buton Selatan dan Kabupaten Buton Tengah. Menurut UU No 13 Tahun 2001, batas administrasi Kota Baubau adalah sebagai berikut:

  1. Sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Kapuntori Kabupaten Buton.
  2. Sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Pasarwajo Kabupaten Buton.
  3. Sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Batauga Kabupaten Buton Selatan.
  4. Sebelah Barat berbatasan dengan Selat Buton.

 Luas wilayah Kota Baubau berdasarkan Undangā€Undang Nomor 13 Tahun 2001 tentang Pembentukan Kota Baubau adalah seluas 221 Km² atau 22.110 hektar, namun berdasarkan hasil digitasi atas peta rupabumi Bakosurtanal luas wilayah adalah 293.10 Km² atau 29.310,99 hektar