Perfect Sunset

Keindahan Laut Baubau
Perfect Sunset
Kecamatan
Dinas dan Instansi
Pengembangan Kawasan Strategis

Kawasan Industri Perikanan dan Pariwisata Terpadu (KIPPT) Pulau Makassar

zonasifin-webformat_400Fokus Pengembangan kawasan ini diarahkan pada :

  • Perikanan

Di bidang perikanan dan kelautan, kawasan ini memiliki potensi besar teruama jika dilihat dari aspek produksi budidaya, tangkap, ketersediaan pelabuhan, serta tipologi kawasannya yang begitu strategis sebagai suatu pusat industri perikanan. Pariwisata

  • Pariwisata

Pengembangan wisata bahari dengan keindahan pasir putih sangat potensial karena memungkinkan pengunjung untuk menikmati keindahan pasir putih serta melakukan kegiatan selam untuk menyaksikan keindahan bawah laut. Selain itu pengunjung dapat melakukan olah raga air seperti jet ski, atau perahu layar pada musim-musim tertentu.
Selain pengembangan wisata bahari, wisata budaya sangat berpotensi untuk dikembangkan dalam kawasan KIPPT. Bentuk pengembagan denganpembuatan kegiatan tahunan untuk festival perahu naga, pagelaran seni budaya, upacara adat bongkaana tao memungkinkan mendukung kawasan ini untuk pengembangan kepariwisataan.
Pengembangan situs makam Sultan Buton Ke VIII (La Cila atau Sultan Mardan Ali yang bergelar Oputa Igogoli i Liwuto) bisa dijadikan sebagai MONUMEN DEMOKRASI bagi masyarakat
Baubau dan masyarakat global secara umum.
Selain pengembangan situs makam Sultan Buton Ke VIII, dalam Kawasan KIPPT juga pengembagan situs benteng Kota Lama di Kolese. Penataan situs benteng ini selama untuk nilai-nilai historis masa kolonial, juga sebagai obyek wisata pemandangan alam.

imag0040_400imag0052_400

  • Pendidikan

Kawasan ini telah memiliki SMK Perikanan dan Kelautan, yang telah cukup berkembang. Ketersediaan sekolah perikanan di kawasan ini dapat memperkuat posisi strategis kawasan dalam hal peningkatan performance kawasan, baik dalam hal pemanfaatan, pelestarian, maupun dalam hal intekoneksitas dengan kawasan lain, baik dalam kota Baubau maupun dengan kawasan lain di luar wilayah Kota Baubau.

  • Pelestarian Alam

Kawasan dengan ciri khas tertentu perlu dilestarikan, baik yang terdapat di darat maupun di perairan. Meskipun merupakan kawasan yang telah lama dihuni dan dimanfaatkan sumberdaya alamnya, beberpa segmen kawasan KIPPT Pulau Makasar dan sekitarnya masih memiliki keunikan dan keaslian. Tipologi kawasan pesisirnya yang merupakan teluk yang relatif tertutup (closed system), mengindikasikan bahwa ekosistemnya cukup rapuh dari pengaruh supertificial. Dengan demikian, untuk beberapa segmen kawasan tertentu (di pesisir) perlu segera diatur fungsi konservasi dan lindungnya untuk menghindari kerusakan lebih lanjut akibat pengaruh-pengaruh manusia.

  • Peluang Pengembangan Pusat-Pusat Pelayanan

Upaya pengembangan KIPPT Pulau Makasar dan sekitarnya akan memacu pertumbuhan kawasan pada wilayah ini, melalui peningkatan ketersediaan pusat-pusat pelayanan. Oleh karena fokus pengembangan adalah industri perikanan dan pariwisata terpadu, maka pusat-pusat pelayanan yang akan dikembangkan juga dibarengi dengan sistem jaringan sirkulasi dan telekomunikasi yang memadai.

 

palagimata_400

Rencana Kawasan Palagimata

Pengembangan fungsi kota sebagai berikut:

  • Mengembangkan kawasan pemerintahan yang nyaman
  • Mengembangkan lingkungan hunian yang nyaman
  • Peningkatan kualitas infrastruktur jalan, listrik, air minum, fasilitas pelayanan, dll.
  • Pengembangan fungsi kota untuk pemukiman mengacu pada konsep pusat ganda yaitu menyebarkan berbagai fungsi dan pusat perkembangan/pelayanan keseluruh kawasan, namun tetap dengan fokus sebagai kawasan pemerintahan.