SELAMAT DATANG DI PEMERINTAH KOTA BAUBAU
WISATA
Wisata Alam

Batu Poaro

Merupakan batu yang menjadi pertanda hilangnya penyiar agama islam di Buton yang bernama Syech Abdul Wahid di pesisir pantai Buton. Disebut Batu Poaro karena oleh masyarakat Buton menyebutkan bahwa Syech Abdul Wahid "Apoaromo te Opuna" yang artinya ia telah berhadapan dengan tuhannya dan batu ini dianggap sebagai makam beliau. Obyek Wisata ini terletak di Kelurahan Wameo Kecamatan Murhum 2 Km dari Pusat Kota Baubau.

Gua Kaisabu

Gua ini merupakan gua karts yang terlihat pada dinding-dindingnya. Untuk mencapai mulut gua harus memanjat dinding tebing yang cukup terjal dan hal ini merupakan tantangan tersendiri bagi pecinta olahraga panjat tebing. Kelelahan akan segera terobati apabila sudah melihat pahatan dan ornamen cantik buatan alam didalam gua.

Akses menuju kawasan ini dapat ditempuh menggunakan transportasi darat yang dilanjutkan berjalan kaki sejauh 1 Km.

Terletak dikelurahan Kaisabu Kecamatan Sorawolio 10 Km dari Pusat Kota Baubau.

Gua Lakasa

Obyek Wisata ini terletak + 9 Km sebelah barat Kota Baubau. Gua ini merupakan wisata minat khusus, kondisinya sangat terjang dan penuh tantangan, mempunyai kedalaman 120 m, mempunyai keindahan panorama yang cukup menarik dan memikat. Pada kedalaman 120 m, terdapat mata air yang mengkristal dan banyak ornament didalam diantaranya terdapat stalaktik dan stalaknik yang begitu indah keberadaanya mendapai ratusan tahun sehingga memberikan nuansa yang indah.

Lagawuna

Terletak diKelurahan Karya Baru Kecamatan Sorawolio berjarak 24 Km dari Pusat Kota Baubau yang dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan darat dan dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 4 Km. Air terjun, keindahan alam serta kicauan berbagai jenis burung membuat suasana nyaman untuk berakhir pekan bersama keluarga.

Air Terjun Samparona

Merupakan obyek wisata minat khusus dengan suasana hutan yang masih terjaga yang terletak di Kecamatan Sorawolio 13 Km arah timur Kota Baubau. Dengan menggunakan transportasi darat dan dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 5 km disepanjang perjalanan akan dijumpai kawasan hutan pinus serta kicauan suara burung yang akan memberikan kepuasan tersendiri bagi perjalanan wisata anda.

Tirta Rimba

Terletak di Kelurahan Waruruma Kecamatan Kokalukuna 8 km sebelah timur Kota Baubau. Dapat ditempuh dengan menggunakan transportasi darat dan dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 2 km. Merupakan kawasan hutan lindung dengan keanekaragaman flora dan fauna. Aliran air Permandian ini bermuara di Pantai Kokalukuna.

Cagar ALam Wakonti

Obyek hutan lindung yang terletak di kawasan Wakonti yang berjarak 6 Km dari Pusat Kota Baubau. selain sebagai obyek wisata, kawasan ini juga dapat dijadikan sebagai tempat pnelitian karena di dalamnya terdapat berbagai pohon serta anggrek liar. Juga hewan seperti kus-kus, kera, berbagai jenis burung, kakak tua dan kupu-kupu. terdapat pula pohon loreng yang merupakan jenis pohon langka karena warna pohonnya seperti pakaian tentara.

Permandian Bungi

Terletak di Kecamatan Bungi yang berjarak 10 Km dari Pusat Kota Baubau yang dapat ditempuh menggunakan kendaraan darat. dengan suguhan permandian yang bertingkat-tingkat serta debit air yang cukup, memudahkan para pengunjung untuk memilih lokasi yang tepat permandian ini begitu alami dan dibeberapa tempat cukup luas untuk berenang dikedalaman 1-4 m.

Kali Baubau

Dengan pesona alamnya yang masih alami serta debit air yang cukup tiap tahunnya menjadikan Kali Baubau merupakan salah satu alternatif yang cocok untuk rekreasi dan berakhir pekan bersama keluarga. Kali ini membelah Kota Baubau yang mengalir dari selatan ke utara dan bermuara dilaut.

Pantai Nirwana

Dengan airnya tiga warna serta kondisi ombak yang tenang, Pantai ini dilengkapi dengan gazebo serta pantai_nirwana_120kedai makanan dan minuman yang memberikan kepuasan tersendiri untuk berwisata bersama keluarga dan rekan anda. Selain memancing anda dapat pula menikmati olahraga menyelam, berenang, volly pantai serta olahraga lainnya sambil menikmati deburan ombak dan hamparan pasir putih. Pantai ini terletak di Kelurahan Sulaa Kecamatan Betoambari 10 Km dari Pusat Kota Baubau dan untuk mencapai lokasi ini sangatlah mudah sekitar 10-15 menit dengan kendaraan darat.

Pantai Lakeba

Hamparan Pasir Putih serta deburan ombak nan eksotik terhampar manis dibibir Pantai Lakeba dan jika andan mengunjungi dipastikan keelokannya tak pernah anda lupakan seumur hidup. Pantai ini merupakan salah satu aset Kota Baubau yang terletak di Kelurahan Sulaa berjarak 5 Km dari alam bawah laut yang sangat indah. Dilokasi ini juga terdapat restoran Lakeba dengan kualitas memuaskan yang menyuguhkan beraneka makanan dan minuman siap saji.

Kolagana

Dengan pesona bawah lautnya yang menghadirkan keanekaragaman makhluk hidup seperti terumbu karang, ikan pelagis, lobster dan lain-lain merupakan salah satu alternatif bagi anda yang ingin menikmati eksotika kehidupan bawah laut serta panorama view ocean. Dengan potensi tersebut, ditempat ini anda juga dapat melakukan aktifitas lain seperti surfing, snorkling serta memancing. Obyek ini terletak di Kecamatan bungi 20 Km dari Pusat Kota Baubau.

Sulaa

Birunya laut serta keindahan panorama pantainya memberikan suasana yang nyaman dan berkesan untuk wisata anda bersama keluarga dan rekan anda. Dengan kondisi pantainya yang tenang, sangat memungkinkan untuk melakukan aktifitas memancing atau menyelam.

Selain itu pula daerah ini sebagai salah satu penghasil sarung tenun buton serta ikan asap.

LINKS
KECAMATAN
WEBSITE DINAS & INSTANSI
BERITA
kominfo | 2017-05-25 12:00:00
dinkes | 2017-05-18 00:00:00
kominfo | 2017-04-17 11:00:00
Copyright 2009 - 2017 Pemerintah Kota Baubau
Alamat Kantor Pemkot : Jl Palagimata kel. Lipu, Baubau, Sulawesi Tenggara
helpdesk@baubaukota.go.id
+6240421011
Top